oleh

Verifikasi Data BLT Dana Desa Sindangsari Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang Berjalan Sukses

PurnamaNews.com – Serang, Banten. Tim relawan lawan covid-19 desa sindangsari melakukan verifikasi kunjungan kesemua calon penerima blt dana desa lawan covid-19 yang terdiri dari 18 Rukun tetangga dan 05 Rukun warga yang tersebar di Desa Sindangsari.

Tim Relawan Lawan covid – 19 di ketua kepala desa H.Mutai wakil ketua Ust.Safrudin selaku Ketua BPD dan anggota terdiri Perangkat Desa,Anggota BPD,Rt RW , Karang Taruna,Pendamping Desa,Tokoh masyarakat dan unsur mitra Babinsa ,Babinkamtibmas . Untuk kriteria penerima blt dana desa mengacu pada kementerian sosial Republik Indonesia sebagai berikut :

1.Luas lantai <8m2/orang
2.Lantai tanah/bambu/kayu murah
3. Dinding bambu/Rumah kayu/tembok tanpa plester
4. Buang air besar tanpa fasilitas/bersama orang lain
5. Penerangan tanpa listrik
6.Air minum dari sumber /mata air tidak terlindung / sungai / air hujan
7. Bahan bakar kayu bakar/ arang/minyak tanah
8. Konsumsi daging / susu/ayam hanya 1 kali perminggu
9. satu stel pakaian setahun
10. Makan 1-2 kali perhari
11. Tidak sanggup berobat ke puskesmas / poliklinik
12. Sumber penghasilan KK petani berlahan < 500m2 , buruh tani.buruh nelayan.buruh bangunan.buruh perkebunan, pekerjaan lain < Rp.600.000 perbulan
13.Pendidikan KK tidak sekolah/tidak tamat SD/tamat SD
14. Tidak memiliki tabungan / barang mudah dijual minimsl Rp. 500.000

Selain mendata calon penerima BLT Dana Desa , tim relawan lawan covid-19 mempunyai fungsi mensosialisasikan kepada masyarakat dengan cara melakukan pencegahan melalui langkah-langkah melakukan edukasi melalui sosialisasi yang tepat dengan menjelaskan prihal informasi terkai COVID-19 ,baik gejala,penularan, dan langkah-langkah pencegahanya.

Wakil ketua Relawan Lawan Covid-19 Desa sindangsari selaku Ketua BPD mengungkapkan bahwa Pemerintah Desa Sindangsari melakukan validasi data penerima BLT upaya maksimal mengatasi permasalahan kecemburuan sosial di masyarakat desa sindangsari dan calon penerima BLT dana Desa Sindangsari mendapat quota 140 orang dan hasil validasi 108 orang untuk warga masyarakat miskin yang tidak tercover di BLT Dana desa akan di bantu dari Bantuan Provinsi (BANPROV) dengan adanya berbagai sumber bantua pusat,daerah dan Desa di harapkan bansos dapat mengurangi permasalahan ekonomi. ungkapnya.

Hadir dalam acara Verifikasi data Penerima BLT DD unsur Babinsa Desa Sindangsari anggota Koramil Kec.Pabuaran Sutikno mengucapkan terima kasih dan syukur kepada tim relawan lawan covid-19 Desa Sindangsari yang sudah bekerja memverifikasi data penerima BLT DD sesuai tepat sasaran dan bagi data yang dobel di coret apabila sudah terdaftar di program bantuan yang lain seperti PKH (Pendamping Keluarga Harapan) BPNT(Bantuan Pangan Non Tunai ).

 

Redaksi : Sarwani Biro Serang

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed