oleh

Verifikasi Dan Validasi Sidang Isbat Nikah Terpadu Di Desa Sukadaya

PURNAMANEWS.COM,BEKASI Sosialisasi dan Verifikasi Peserta sidang isbat nikah terpadu mulai digelar, kali ini kegiatan di desa sukadaya kecamatan sukawangi kabupaten bekasi, Jumat (16/08/19).

Disdukcapil Bambang Budi bersama tim verifikasi pengadilan agama cikarang turun langsung mengecek proses verifikasi administrasi Pendaftaran sidang terpadu isbat di tahun 2019.

Bersama beberapa Pegawai Proses verifikasi tersebut berhasil diselesaikan hingga sore, ada sekitar 100 pasang yang harus diperiksa satu persatu, pasangan yang memenuhi syarat untuk dilanjutkan dalam tahap pendaftaran perkara isbat nikah.

Dalam prosesnya dimaksudkan untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan wujud Isbat nikah dengan maksud bisa mempunyai buku nikah bagi warga yang tidak punya buku nikah.

Tentunya proses verifikasi ini sesuai dengan ketentuan agama, hukum dan Peraturan perundang-undangan yang berlaku, “Verifikasi dan validasi data sebelum disidangkan penting, karena untuk memudahkan pelaksanaan saat sidang,”ucap tim verifikasi.

 

Tambahnya, para peserta diperiksa data serta biodatanya, saksi-saksi secara rinci dan detail untuk bisa lolos sebagai peserta isbat nikah. Peserta yang lolos verifikasi administrasi akan langsung didaftarkan dan memperoleh nomor register perkara dari pengadilan agama cikarang.

“Setelahnya nanti akan diumumkan ataupun selama 14 hari dari hari sekarang Ketua Majelis menetapkan pelaksanaan hari sidangnya, atau pelaksanaannya pada tgl 30 agustus nanti, hal ini merupakan suatu proses yang memerlukan kehati-hatian dan ketelitian dari seorang petugas verifikasi yang ditunjuk oleh Pengadilan Agama Cikarang,”tuturnya.

Kepala desa sukadaya Sartija Arizona, menyampaikan, diharapkan dengan adanya pelayanan terpadu sidang isbat nikah, masyarakat sebagai peserta isbat nikah ini langsung memperoleh salinan penetapan dari Pengadilan Agama Cikarang yang nantinya akan diserahkan kepada Kemenag (KUA) Kantor Urusan Agama.

“Dan di terbitkannya buku nikah selanjutnya dari data nikah tersebut akan diteruskan kepada Disdukcapil untuk diterbitkan Kartu Keluarga serta Akta Kelahiran anak,”harapnya.

“Dalam kegiatan kali ini saya beserta pemerintah desa sukadaya bangga dan mengucapkan terima kasih banyak dengan adanya kegitan ini dari program P2WKSS. Semoga masyarakat desa sukadaya senang dengan adanya prograam ini,”tutupnya.

(Cemat/Red)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed