oleh

Undana Kupang Bersihkan Pantai Di 13 Kelurahan, Masyarakat Kupang Mengapresiasi

 

Kota Kupang, Sabtu, (18/08/2018) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang melaksanakan kegiatan membersihkan pantai di 13 kelurahan yang ada di Kota Kupang.

Kegiatan yang di pimpin Rektor Undana Kupang, Prof. Ir. Fredrik Lukas Benu, M.Si, Ph.D bersama ribuan mahasiswa dan ratusan dosen pegawai mendapat apresiasi dari sejumlah masyarakat.

Berikut petikan tanggapan masyarakat yang di temui media ini di sela-sela kegiatan.

Dalce Foeh, Warga Kelurahan Oesapa yang di temui media ini di Lokasi kegiatan mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan bersihkan pantai yang di laksanakan Undana.

“Secara pribadi sebagai masyarakat biasa sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena kegiatannya di laksanakan di tempat wisata,  Ini tentunya sangat bermanfaat juga bagi perkembangan Pariwisata di Kota Kupang.” ungkapnya

Hal yang sama juga di sampaikan Warga Lasiana, Lenzo Asbanu saat  di mintai komentarnya mengucapkan terimakasih kepada Undana yang telah membersihkan laut dari sampah-sampah plastik yang berserakan.

” Terimakasih buat Panitia dan Undana sebagai satu-satunya Universitas Negeri di NTT yang sudah peduli dengan kebersihan Pantai, semoga kegiatan seperti ini terus di lakukan untuk menumbuhkan semangat masyarakat umum untuk menjaga dan merawat laut.” ungkapnya penuh harap.

Berbeda dengan Dalce dan Lenzo, Laura salah satu wisatawan asing dari Spanyol yang di temui media ini di Ecowisata Magrove Oesapa Barat mengungkapkan bahwa Undana sebagai perguruan tinggi sudah menjadi kewajiban untuk membuat kegiatan-kegiatan sosial seperti itu untuk menjadi contoh bagi masyarakat umum. Namun, Laura berharap, Undana jangan hanya membersihkan tetapi harus mampu mencegah dan menyadarkan masyarakat agar  jangan membuang sampah sembarangan.

“Yah kalau bisa ke depan Undana jangan hanya membersihkan saja tetapi harua bisa membuat Pamflet Ajakan hidup bersih dan sediakan kotak-kotak sampah sehingga masyarakat sadar dan tidak membuang sampah sembarang tempat. ” kata Laura menggunakan bahasa inggris yang di tulis dalam bahas indonesia. [caption id="attachment_2683" align="alignnone" width="1280"] Keterangan foto : Mahasiswa-mahasiswi Undana saat memungut sampah di pesisir pantai[/caption]

Sebelumnya di beritakan media ini, dalam rangka  menyongsong Dies Natalies yang ke 56,  Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang membersihkan pantai di 13 kelurahan yang ada di Kota Kupang.

Kegiatan yang di laksanakan, Sabtu, (18/08/2018) pagi melibatkan ribuan mahasiswa-mahasiswi dari berbagai fakultas di Undana yang tersebar  ke 16 lokasi di 13 Kelurahan.

” Tujuan kita membersihkan pantai hari ini selain merayakan HUT RI Ke-73 juga untuk menyosong dies natalies Undana ke 56, 13 kelurahan yang kita bersihkan diantaranya Kelurahan Alak, Nunbaun Delha, Nunhila, Oesapa Barat, Oesapa, Lasiana, Namosain, Solor, LLBK, Tode Kiser, Fatubesi, Pasir Panjang dan kelurahan Kelapa Lima.” Jelas Ketua Panitia Dr. Ir. Sunardi, M.Si kepada media ini di sela-sela kegiatan.

Sebelumnya Lanjut Sunardi, Undana telah melaksanakan kegiatan jalan sehat, donor darah, pemeriksaan kesehatan secara gratis di Care Free
Day, seminar nasional dan berbagai aneka perlombaan untuk meriahkan dies natalies Undana yang akan di rayakan tanggal 01 September.

“Kegiatan untuk menyongsong dies natalies ini selama sebulan, banyak kegiatan yang sudah di buat dan akan kami buat lagi.” tuturnya

Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Undana , Marselina Ratoe Oedju saat di mintai tanggapannya menjelaskan bahwa kegiatan bersihkan laut yang di lakukan Undana merupakan  cara untuk mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan  demi keberlanjutan  sumber daya alam di laut.

“Kita mau memberikan contoh yang baik kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan laut, Kalau kita tidak bersihkan laut dari sampah maka sampah sangat menggangu pertumbuhan  ekosistem   yang ada di laut. ” ungkapnya

Sementara itu, Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrikus Lukas Benu, M,Si, Ph.D dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan yang bertema : ” Lingkungan Bersih Masyarakat Sehat ” menegaskan  bahwa kegiatan itu adalah salah satu bentuk pengabdian Undana kepada masyarakat.

“Kita  buat di ruang terbuka sehingga publik tahu bahwa Undana hadir bukan untuk Undana dan Mahasiswa sendiri tetapi Undana hadir dan bermanfaat bagi masyarakat umum juga.” tegasnya

Fred Benu juga menjelaskan bahwa peserta yang terlibat adalah mahasiswa baru di Undana, Alumni, Masyarakat umum dan Pemerintah dengan tujuannya untuk menanamkan sikap peduli Lingkungan.

“Kita kerja bukan cari untuk di puji tetapi mengabdi bagi masyarakat demi menciptkan Lingkungan yang sehat, indah dan bersih.” bebernya.

(Kekson).

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed