oleh

Tips Agar Puasa Lancar dan Nyaman selama Ramadhan

Puasa bulan Ramadhan adalah puasa yang wajib dilakukan oleh umat Islam terutama di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim.

Puasa memang banyak membawa berkah dan pahala, namun ada sebagian orang yang mengalami berbagai masalah saat berpuasa seperti dehidrasi atau dehidrasi.

Selain itu adanya keluhan lain seperti kurang bersemangat, malas, tidak fokus, dll. Hal-hal tersebut terjadi karena kita kurang memperhatikan asupan makanan dan pola puasa kita.

Lalu, bagaimanakah agar puasa lancar dan nyaman selama Ramadhan? Simak tipsnya berikut.

1. Perhatikan Makanan
Saat Ramadhan pasti banyak pilihan makanan untuk berpuka dan sahur, walau pun begitu kita tetep harus mem-filter apa saja yang kita konsumsi. Karena mengkonsumsi terlalu banyak makanan justru akan membuat kita sakit perut atau sembelit sehingga akan menggangu kelancaran puasa.

2. Konsumsi Buah dan Sayur
Mengkonsumsi buah dan sayur saat menjalankan puasa Ramadhan akan membantu tubuh kita tetap sehat dan juga nutrisinya tercukupi, selain itu mengkonsumsi buah dan sayur dapat memperlancar pencernaan. Karena buah dan sayur mengandung serat untuk kebutuhan tubuh

3. Perbanyak Minum Air Putih
Walau pun banyak yang menjajakan minuman segar dan manis saat bulan Ramadhan, kita tidak boleh melewatkan minum air putih. Karena air putih tanpa campuran bahan-bahan lainnya jauh lebih menyehatkan dan lebih memenuhi kebutuhan mineral bagi tubuh kita.

4. Berolahraga
Saat berpuasa kita juga dapat tetap berolahraga, yaitu dengan melakukan olahraga-olahraga kecil seperti jalan-jalan atau senam. Hal ini baik dilakukan pada saat beberapa jam sebelum buka puasa dan setelah sahur, fungsinya adalah agar tubuh kita tetap mengeluarkan keringat (membuang racun) dan agar tidak lemas saat menjalankan aktifitas.

5. Melakukan Hal-Hal yang Produktif
Dari pada menunggu berbuka puasa dengan malas-malasan atau tidur-tiduran ada baiknya kita mengisinya dengan suatu hal yang produktif. Melakukan hal-hal produktif akan membuat kita terpaku dengan kegiatan itu sehingga berpuasa tidak akan terasa. Selain itu, melakukan hal-hal produktif akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat sehingga puasa kita makin barokah.

6. Istirahat yang Cukup
Saat berpuasa memang cenderung banyak waktu istirahat dibandingkan hari-hari biasa jadi manfaatkanlah waktu tersebut tetapi jangan berlebihan beristirahat, karena beristirahat berlebihan akan membuat kita malas dan lemas.

Itulah beberapa tips agar puasa di bulan Ramadhan semakin lancar dan nyaman. Moment puasa selain menjalankan ibadah Ramadhan juga bisa mempunyai efek positif bagi kesehatan tubuh, yaitu membuang racun, melancarkan pencernaan dan penurun berat badan anda yang berlebih. Semoga bermanfaat

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed