oleh

Terapkan Protokol Kesehatan Yang Ketat, Puskesmas Pagerbarang Siap Layani Masyarakat

Purnamanews.com Slawi.   Jumlah kasus konfirmasi baru di Kabupaten Tegal bertambah empat orang. Namun demikian, tiga orang diantaranya dinyatakan sembuh setelah selesai menjalani isolasi mandirinya di rumah. Informasi tersebut disampaikan juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal dr. Joko Wantoro, Kamis (27/08/2020) siang.

 

Joko mengungkapkan, tiga dari empat penambahan kasus konfirmasi baru yang telah dinyatakan sembuh tersebut pertama adalah seorang perempuan, berinisial H (60), asal Desa Kajen, Kecamatan Lebaksiu. Joko menjelaskan, H adalah mertua sekaligus kontak erat dari SPL (32), kasus pasien konfirmasi asal desa yang sama. SPL sendiri sudah dinyatakan sembuh pada Jumat (14/08/2020) lalu. Sementara, H baru dinyatakan sembuh hari Rabu (26/08/2020) kemarin setelah menjalani masa isolasi mandirinya sejak pengambilan spesimen swabnya, Kamis (30/07/2020) lalu dan tidak menunjukkan adanya gejala Covid-19.

 

Kasus kedua, lanjut Joko, adalah seorang laki-laki, berinisial IA (37), asal Desa Pengabean, Kecamatan Dukuhturi. Sebelumnya, IA sempat menjalani uji cepat dengan hasil reaktif di RSUP dr. Kariadi Semarang saat memeriksakan matanya, Selasa (28/07/2020) lalu dan dilanjutkan dengan pengambilan spesien swab keesokan harinya di tempat yang sama. Hasil pemeriksaan laboratorium yang keluar hari Kamis (13/08/2020) menunjukkan IA positif terpapar virus Corona. IA sendiri sudah dinyatakan sembuh sejak Rabu (26/08/2020) kemarin setelah selesai menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Pengabean sejak kepulangannya dari Kota Semarang. Tidak ada gejala Covid-19 yang menyertai IA selama masa isolasi mandiri tersebut.

 

Sedangkan untuk kasus konfirmasi ketiga, adalah seorang perempuan, berinisial SL (50), asal Desa Pagerbarang, Kecamatan Pagerbarang yang dinyatakan sembuh Rabu (26/08/2020) kemarin. SL yang berprofesi sebagai tenaga fungsional kesehatan di Puskesmas Pagerbarang ini merupakan kontak erat dari kasus konfirmasi TA (44), asal Desa Randusari, Kecamatan Pagerbarang. TA sendiri sudah dinyatakan sembuh sejak Sabtu (08/08/2020) lalu.

Joko mengatakan, dari pengambilan spesimen swab sejumlah tenaga kesehatan di Puskesmas Pagerbarang hari Selasa (28/07/2020) lalu, hanya SL saja yang hasilnya positif. Namun, karena tidak ada komorbid dan kondisi klinisnya dinyatakan baik, SL pun diarahkan menjalani isolasi mandirinya di rumah.

 

“Kiranya masyarakat tak perlu khawatir untuk datang dan berobat ke fasilitas layanan kesehatan di Puskesmas Pagerbarang. Kami sudah menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat dan disiplin sejak awal merebaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal,” katanya.

 

Menanggapi kasus SL ini Joko pun menuturkan, ada kemungkinan SL terpapar Covid-19 dari sumber lain, mengingat sebelumnya SL juga membuka praktik pelayanan kesehatan di rumahnya.

 

Adapun untuk kasus konfirmasi baru yang keempat adalah seorang laki-laki, berinisial MK (18), asal Desa Srengseng, Kecamatan Pagerbarang yang kini dirawat di RSUD dr. Soeselo Slawi. Sebelum dirujuk ke RSUD dr. Soeselo, Senin (17/08/2020) lalu, MK sempat menjalani perawatan di Puskesmas Pagerbarang dengan keluhan sesak nafas, batuk, tenggorokan sakit.

 

“Awalnya, pihak keluarga tidak mengaku jika MK ada riwayat perjalanan luar kota. Namun, setelah melihat tanda gejalanya mirip Covid-19 dan dilakukan anamnesa ulang, pihak keluarganya baru mengakui jika MK habis pulang dari Jakarta. Benar saja, hasil uji cepatnya reaktif dan MK pun dirujuk ke RSUD dr. Soeselo,” ungkap Joko.

 

Joko juga menginformasikan, pihaknya juga mencatat ada kesembuhan lima orang pasien konfirmasi. Pertama adalah seorang laki-laki, berinisial MAA (23), asal Desa Langgen, Kecamatan Talang yang dirawat di RSUD dr. Soeselo Slawi. Kedua adalah seorang laki-laki, berinisial M (53), asal Desa Pesawahan, Kecamatan Pangkah yang dirawat di RSUD dr. Soeselo Slawi. Ketiga adalah seorang laki-laki, berinisial S (45), asal Desa Pesayangan, Kecamatan Talang yang dirawat di RSI PKU Muhammadiyah, Singkil, Adiwerna. Keempat adalah seorang perempuan, berinisial WAF (36) asal Desa Kajen, Kecamatan Lebaksiu yang menjalani isolasi mandiri dan merupakan kontak erat dari pasien konfirmasi sebelumnya berinisial SPL (32), asal desa yang sama.

 

Tiga pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit tersebut sudah dipulangkan sejak Sabtu (22/08/2020) lalu, termasuk satu orang yang menjalani isolasi mandiri juga sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan untuk pasien sembuh kelima adalah seorang laki-laki, berinisial AJ (45), asal Desa Randusari, Kecamatan Pagerbarang. AJ yang menjalani isolasi mandiri ini merupakan kontak erat dari pasien konfirmasi perempuan, berinisial TA (44), asal desa yang sama. AJ sendiri sudah dinyatakan sembuh sejak Rabu (26/08/2020)

Dengan adanya penambahan empat kasus konfirmasi baru dan kesembuhan delapan orang kasus positif Covid-19, akumulasi kasus konfirmasi di Kabupaten Tegal menjadi 86 orang. Adapun jumlah pasien konfirmasi sembuh bertambah menjadi 70 orang dan enam orang sedang menjalani perawatan. Sementara itu, dinyatakan 10 orang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

( Fe / red )

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed