oleh

Tahun Politik, Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Diminta Tingkatkan Kesiagaan

Purnamanews.com ,Makassar – Upacara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 69, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke 57 dan Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 100 diharapkan dapat memberikan peran serta aktif yaitu kesiagaan diri membantu menciptakan keamanan dalam penyelenggaraan berbagai rangkaian pesta Demokrasi yang akan digelar April 2019 mendatang.

“Perayaan ulang tahun kali ini bertepatan dengan tahun politik. Di tahun ini, ada dua agenda besar nasional yang akan digelar, yakni pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019 yang juga digelar bersamaan. Peran Satpol PP, Satlinmas dan Damkar menjadi penting di tahun politik.

Satpol PP dan Satlinmas harus ikut mengawal dua agenda nasional tersebut. Kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan,” tegas Gubernur Sulsel, Prof. H. Nurdin Abdullah saat membacakan sambutan seragam Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke 69, Satlinmas ke 57 dan Damkar ke 100 di Rujab Gubernur Sulsel, Selasa (19/3).

Ditahun politik, Satpol PP, Satlinmas dan Damkar harus lebih siaga. Sebagai perangkat daerah, ketiga satuan ini jelas akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada. Tujuannya, untuk memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga.

“Sesuai aturan dan ketentuan yang ada, ketiga satuan ini mempunyai tugas pokok antara lain, membantu menjaga ketenteraman penyelenggaraan pemilu dan Pilkada baik sebelum, atau pada saat pemungutan maupun setelah pelaksanaan pemilihan,” kata H. Nurdin Abdullah

Dilanjutkan Nurdin Abdullah, ada tugas pokok lain yang harus dilaksanakan ketiga satuan tersebut yaitu ikut membantu dalam konteks tugas sosial.

“Tentu di tahun politik ini, dinamika politik akan meningkat. Potensi gangguan keamanan juga akan ikut menguat. Saya minta agar dari sekarang, Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan upaya deteksi dininya. Sehingga potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi. Dengan begitu, masyarakat akan merasa terlindungi,” ujar Nurdin Abdullah.

Dilain sisi, Nurdin Abdullah juga mengingatkan agar Satpol PP dan Satlinmas dalam menjalankan tugasnya, harus tetap berpedoman pada aturan yang ada. Pedoman yang dimaksud, Peraturan Mendagri No 54 tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur Satpol PP.

Sementara bagi Satlinmas, berpedoman pada Permendagri No 10 tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Menangani Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilu.

Hadir Dalam Upacara tersebut, Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak yang didampingi oleh Kasat Pol PP kabupaten Luwu, Andi Iskandar.( Red )

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed