oleh

Sosialisasi Peraturan Bupati Aceh Timur Tentang Stunting

PURNAMANEWS.COM, Aceh Timur – Bupati Aceh Timur melalui Asisten II usman A Rachman membuka sosialisasi Stunting yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh timur di aula RS Graha Bunda, Senin (08/7/2019).

Narasumber pada
sosialisasi tersebut dosen Poltekkes Provinsi  Alfriedyah SKM,MKES. KP. KESMAS Disebutkan, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan kekurangan gizi kronis yang menimbulkan anak terlalu pendek pada usianya.Gagal tumbuh anak dalam jangka panjang berdampak pada penurunan tingkat kecerdasan pada anak yang akan berlanjut hingga dewasa.

Usman A Rachman menyampaikan stunting mengakibatkan rentan terserang penyakit, menurunkan produktivitas serta dalam jangka panjang berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan.

Alfriedyah menjelaskan, stunting harus ditangani secara multi-sektor, melalui program perbaikan gizi ibu dan anak. Melaksanakan pendekatan yaitu perbaikan gizi sensitif  melalui ketersediaan air bersih, ketahanan pangan dan gizi, KB, jaminan kesehatan masyarakat dan pengentasan kemiskinan serta perbaikan gizi spesifik yaitu pebaikan gizi pada remaja puteri (usia reproduktif), ibu hamil dan persalinan, ibu menyusui dan bayi 0-23 bulan.

Kemudian ia meminta kepada Kepala Puskesmas dan para petugas agar mensosialisasikan stunting kepada masyarakat baik secara langsung maupun melaui spanduk agar masyarakat memahaminya,” pintanya.  (Dedi)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed