oleh

Sejumlah Koperasi di Kabupaten Bekasi Terancam Gulung Tikar

Purnamanews.com | Bekasi – Sejumlah koperasi di Kabupaten Bekasi terancam gulung tikar karena anggotanya melakukan penarikan simpanan secara besar-besaran sebagai dampak Covid-19.

Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bekasi, meminta pemerintah mengambil kebijakan agar keberlangsungan usaha koperasi dapat terus berjalan.

Ketua Dekopinda Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar mengatakan pandemi Covid-19 telah membuat anggota atau nasabah di sejumlah koperasi melakukan penarikan simpanan secara besar-besaran.

“Dalam situasi seperti ini, banyak anggota atau nasabah yang mengambil simpanannya di koperasi hingga akhirnya koperasi tersebut tidak berjalan,” ungkapnya, Jumat (24/04/20).

Menurutnya, mayoritas koperasi itu tidak menggunakan modal dari pihak ketiga, melainkan memutarkan uang simpanan dari anggota atau nasabahnya.

Toto mendorong Dekopinda agar usaha koperasi primer dapat bertahan, yakni dengan cara merger atau penggabungan usaha serta menerima suplai dari koperasi sekunder.

Selain itu pihaknya juga berharap ada kebijakan yang diambil pemerintah untuk membantu usaha koperasi. Misalnya, dengan memudahkan persyaratan untuk mendapatkan dana pinjaman lunak dari Lembaga Pinjaman Dana Bergulir.

(Cemat/DC)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed