oleh

Sejak Ada JKN-KIS, Masyarakat Lebih Pilih Dokter Ketimbang Dukun

Purnamanews, Nagan Raya, Jamkesnews – BPJS Kesehatan kini telah memasuki usia 5 tahun sejak bertranformasi dari PT Askes (Persero) pada 1 Januari 2014. Sejak saat itu sudah banyak yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan,(02/10)

salah satunya adalah upaya meningkatkan mutu pelayanan untuk menjadi lebih baik. Hal tersebut tentunya sulit dijalankan jika tanpa dukungan Pemerintah, stakeholder, fasilitas kesehatan dan masyarakat.

Ajida Nurlima Rijaf (26) merupakan warga Desa Kulu, Kabupaten Nagan Raya yang juga berprofesi sebagai Koordinator Klinik Medika Sehati yang terletak di Kabupaten Nagan Raya. Jida, begitu sapaannya, mengatakan bahwa Program Jaminan Kesehatan Nasinal-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah program yang sudah banyak membantu masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu. Ia juga menambahkan sejak adanya Program JKN-KIS, masyarakat semakin sadar akan kesehatan mereka.

 

“Program JKN-KIS ini banyak membantu masyarakat apalagi yang kurang mampu. Dan kalau dulu masyarakat di sana banyak yang berobat ke dukun karena kesulitan biaya, tapi sekarang sejak ada JKN-KIS ini, masyarakat sudah semakin sadar dan sudah banyak yang beralih dari dukun ke dokter yang ada di fasilitas kesehatan. Sekarang mereka sudah mulai akrab dengan petugas Puskesmas, klinik, bahkan ke bidan untuk persalinan,” ungkapnya.

 

Ajida, jika setiap harinya peserta JKN-KIS yang berkunjung ke Klinik Medika Sehati mencapai 70 orang. Rata-rata pengunjung yang datang ke sana mengakses pelayanan kesehatan untuk penyakit-penyakit ringan seperti flu, demam dan juga ada yang mengambil rujukan.

 

Ajida Nurlima,  Program JKN-KIS yang menerapkan sistem gotong royong ini sangat bagus, karena dengan iuran yang dibayarkan oleh peserta JKN-KIS yang lain dapat membantu untuk biaya pengobatan masyarakat lainnya yang kurang mampu utamanya. Harapan Jida untuk BPJS Kesehatan di masa depan adalah agar terus melakukan peningkatan kualitas layanan dan perbaikan terhadap keluhan-keluhan dari masyarakat.

 

BPJS Kesehatan Berharap, bisa memberikan pelayanan lebih maksimal, khususnya dalam mengedukasi mereka untuk menerapkan pola hidup sehat. Dengan begitu, jumlah masyarakat yang sakit akan berkurang dan pelayanan kesehatan bisa difokuskan kepada upaya pencegahan,” pungkasnya. (Ns)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed