oleh

Satu WNA Asal Tionghua Dideportasi ke Negara Asalnya

PURNAMANEWS.COM, Aceh Barat—Hu Jiebin (36) Warga Negara Tiongkok atau Cina di deportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas II non TPI Meulaboh dari wilayah Indonesia setelah menjalani masa hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Tapak Tuan, Aceh Selatan pada tanggal 31 Maret 2019.

Sebelumnya, Hu Jiebin telah terbukti secara sah oleh Pengadilan melanggar pasal 122 huruf a Undang-Undang No.6 Tahun 2011 dan divonis hukuman tahanan selama 16 Bulan ditambah subsider 1 bulan.

Hu Jibien Divonis pada tahun 2017 melakukan penyalahgunaan Ijin Tinggal, karena secara sengaja melakukan jual beli pakaian berupa baju kaos di wilayah Aceh Barat Daya yang ditangkap oleh aparat keamanan dan diserahkan ke Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh waktu itu.

Tepatnya pada tgl 31 Maret 2019 kemarin yang bersangkutan sudah bebas dan dijemput oleh petugas Imigrasi Meulaboh untuk proses deportasi dari wilayah RI.

Hal itu disampaikan Imam Kepala Imigrasi kelas II Meulaboh non TPI kepada awak media PURNAMANEWS.COM, Selasa (03/4/2019).

Imam mengatakan, Sambil menunggu proses deportasi Hu Jiebin sebelumnya ditempatkan di Ruang Detensi Imigrasi, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh pada Hari ini Rabu, 03 April 2019.

Lalu, diberangkatkan dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh untuk dilakukan deportasi sekira jam 08.30 melalui transportasi darat ke Bandara SIM Banda Aceh dengan JT 305 17.00 menuju Jakarta dan akan melanjutkan penerbangan dengan pesawat Shenzen airlines ZH 9048 yang direncanakan berangkat pada tgl 04 April 2019 03.40, kata Imam.

“Berdasarkan aturan yang ada selain dikenakan tindakan deportasi atau pengusiran dari wilayah Indonesia, Hu Jiebin juga dimasukkan namanya ke dalam Daftar Pencegahan, sehingga  dilarang untuk masuk wilayah NKRI selama 6 (enam) bulan,” ujarnya. [Ns]

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed