oleh

Sambut Hari Meugang : Pemuda Gampong Meuraksa Santuni Kaum Lansia

Sigli – Purnamanews.com , Sehari menjelang masuknya bulan ramadhan, sudah lazimnya bagi masyarakat Aceh melakukan sebuah tradisi leluhur yang sangat bermakna dan senantiasa terjaga, yaitu hari meugang atau makmeugang. Menghadapi hari meugang di situasi pandemi covid-19 tentunya tidak mudah, di samping perekonomian masyarakat kelas bawah yang sangat menjepit.

Melihat kondisi dan situasi seperti ini, ketua pemuda Gampong Meuraksa, Kecamatan Kembang Tanjong, Kabupaten Pidie, Rabu , 22 april 2020 bersama-sama dengan kesatuan pemuda setempat membuat sebuah terobosan bersama dalam upaya mengambil kebijakan untuk membantu kaum lansia yang tergolong fakir dan miskin.

Salah satu pemuda Gampong Meuraksa, Muhammad mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan murni kebijakan bersama antara pemuda setempat. “Ini murni kegiatan sosial yang kami lakukan untuk membantu sesama, terlebih suasana meugang dalam keadaan seperti ini,” ungkap Muhammad.(22/4/2020).

Bantuan alakadar tersebut diberikan khususnya bagi kaum lansia yang tergolong fakir dan miskin, diharapkan santuman tersebut mampu meringankan beban mereka dalam menghadapi di hari meugang.

Adapun perihal sumber dana yang diperoleh, Muhammad mengatakan ini hasil dari sisa kas pemuda dan sumbangsih seluruh pemuda setempat, baik pemuda di Gampong ataupun pemuda di perantauan.

“Sumber pendapatan yang kami gunakan adalah beberapa sisa uang kas pemuda, sumbangan pemuda setempat dan juga sumbangan dari pemuda-pemuda perantauan,” ungkap Muhammad kepada media ini.

Selain itu ia juga berharap, “Kita berharap seluruh pemuda-pemuda di Aceh hari harus memiliki ide-ide yang kreatif, inovatif dan inspiratif dalam kegiatan sosial, guna menekan angka kemiskinan yang masih masif di tempat kita ini. Kebijakan yang kita lakukan harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh mereka yang membutuhkan,” ungkapnya.

Kegiatan santunan lansia fakir dan miskin yang dilakukan oleh pemuda setempat bukanlah hal yang pertama, kegiatan ini telah berlangsung dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan kegiatan ini, mereka berharap persatuan dan kekompakan pemuda setempat dapat selalu terjaga dan menciptakan terobosan yang bermanfaat.( Iskandar )

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed