oleh

Rujukan Berjenjang, Solusi Cegah Tumpukan Pasien di RS

Aceh Barat (Purnamanews) ,BPJS kesehatan Kantor cabang Meulaboh,  Jamkesnews – Sehat merupakan hal yang sangat berharga di kehidupan setiap orang, Jika tidak sehat, maka seseorang akan sulit melakukan aktivitas ataupun pekerjaan lainnya.(03/09/2019)

 

Yusma, (Pasien) sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk wajib menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dengan adanya program tersebut, masyarakat Indonesia yang telah menjadi peserta dapat dijamin pelayanan kesehatannya dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat itu sendiri.

 

Namun untuk mewujudkan agar program tersebut dapat berjalan dengan baik sehingga dapat terciptanya masyarakat Indonesia yang lebih sehat harus didukung dengan sistem yang baik dan tertib administrasi yang teratur. Itulah yang dirasakan oleh Yusma (32) dari pelaksanaan program ini.

 

Yusma menjelaskan bahwa masyarakat sekarang semakin mudah dalam mengakses pelayanan kesehatan, terutama dalam pengurusan administrasi penjaminan layanan kesehatan oleh BPJS Kesehatan. Seperti yang dirasakan langsung oleh Yusma saat membawa istrinya berobat di RSUD CND Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

 

Menurutnya, apa yang dirasakannya kala itu sungguh sangat mudah dalam mengakses pelayanan kesehatan tanpa menemui kesulitan yang cukup berarti. Ia juga menceritakan jika tidak hanya pelayanan di fasilitas kesehatan saja yang mudah, pelayanan yang diberikan di Kantor BPJS Kesehatan menurutnya juga sangat baik dan cepat.

 

“Ketika berobat sekarang sangat mudah, apalagi pendaftaran di Kantor BPJS Kesehatan juga sangat dibantu seperti informasi tentang syarat-syaratnya dan prosesnya pun juga cepat,” tuturnya.

 

Selain itu, dalam kesempatan yang sama ia turut memberikan apresiasi atas inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan. Salah satunya penerapan sistem rujukan berjenjang yang ia katakan sebagai sebuah solusi yang sangat baik dari BPJS Kesehatan guna tidak terjadinya penumpukan pasien di rumah sakit.

 

“Banyak program dari BPJS Kesehatan yang sangat berguna, contohnya penerapan sistem rujukan berjenjang, dengan adanya program ini berobat sesuai jenis penyakit, seperti batuk ya bisa di Puskesmas kenapa harus ke rumah sakit. Kalau semua ke rumah sakit, yang lebih membutuhkan, ya bisa tidak terlayani dengan baik,” ungkapnya.

 

Yusma berharap BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan perbaikan sistem yang sudah ada, sehingga para peserta JKN-KIS semakin puas dengan pelayanan yang diberikan.

 

“Semoga sistem yang sudah ada ini, jadi semakin baik supaya masyarakat juga semakin puas dengan pelayanannya,” tutupnya. (Ns)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed