oleh

RENUNGAN SUCI MAKAM PAHLAWAN RUNDENG KAB.ACEH BARAT

purnamanews.com – Meulaboh. Bupati Aceh Barat menghadiri Uapacar Apel Kehormatan Suci,(AKRS)

Kata kehormatan kepada para pahlawan yang telah gugur semoga di beri tempat disisi ALLAH, disampaikan Oleh Inspektur Upacara pada Apel Kehormatan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan Rundeng, Jum,at pukul 24.00 WIB, 16 agustus 2019, malam.

Dijelaskannya, peringatan hari pahlawan harus dimaknai secara mendalam oleh seluruh bangsa Indonesia. Karena itu, jika ingin Bangsa Indonesia besar dan sejahtera, masyarakat harus menghargai jasa dan perjuangan para pahlawan pahlawannya. “Kita wajib mengingat dan meneruskan semangat para pejuang, terutama dalam mempertahankan republik ini,”ujarnya.

Pada acara renungan suci yang merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan,memimpin langsung apel kehormatan dan renungan suci. Tujuannya untuk mendoakan arwah pahlawan bangsa yang gugur di medan perang.

membaca janji untuk meneruskan perjuangan jasa para pahlawan sekaligus penghormatan atas keridhoan dan kesucian mempertahankan tanah air meski nyawa menjadi taruhannya.

“Perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami juga dan jalan kebaktian yang para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga. Semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat sebaik baiknya,” katanya sambil membaca lembaran kertas yang diterangi dua obor karena semua lampu dipadamkan.

Berdasar data, di Taman Makam Pahlawan Adapun Naskah Apel kehormatan berbunyi *”kami yang hadir pada hari ini Jum’at tanggal 16 Agustus 2019 pukul 24.00 Wib pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan TNI 25 orang, Pegawai Sipil 12 orang, Perjuangan Rakyat 10 orang dan Pahlawan tanpa dikenal 20 orang jumlah 67 orang menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan Negara dan Bangsa kami bersumpah dan kami berjanji bahwa perjuangan kami juga, kami berdoa semoga arwah saudara2 di berikan tempat disisi Nya”

Di penghujung upacara, selain mengheningkan cipta, juga dilakukan penghormatan khusus selama hampir lima menit sebagai tanda rasa cinta dan bangga terhadap para pahlawan.

Peserta upacara terdiri dari pasukan TNI AD, TNI AL, Petugas dan segenap pegawai pemda setempat,

Hadir dalam upacara itu Bupati Aceh Barat,Atau yang mewakili,sekda,Dprd,para kasi kasubag dan para forkopinda dan TNI~Polri lingkungan aceh barat.

 

NS/Red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed