Rakercab Hipmi Kepulauan Seribu Sepakat Dukung Proyek Strategis Nasional Pariwisata dan Logistik

Uncategorized95 Dilihat

BADAN Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Periode 2021-2024 menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Cottage, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (27/09).

Rapat kerja pertama ini mengusung tema Peran dan Partisipasi Pengusaha Muda dalam Proyek Strategis Nasional di Kepulauan Seribu.

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, yang membuka pertemuan berharap Rakercab BPC Hipmi dapat menghasilkan program kerja untuk mendukung pengembangan Kepulauan Seribu menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Saat ini Pemerintah Pusat menetapkan Kepulauan Seribu sebagai salah satu dari Proyek Strategis Nasional khusus pariwisata,” tuturnya.

Dia Junaedi menambahkan dengan terbentuknya BPC Hipmi Kepulauan Seribu, ke depan dapat bersinergi dengan pemuda-pemuda pulau untuk membangun daerah wisata yang tidak kalah dengan Bali.

“Semangat kami bagaimana Kepulauan Seribu ke depan menjadi kawasan wisata bertaraf internasional, sehingga dapat membuka lapangan kerja baru. Dampaknya, masyarakat Pulau Seribu menjadi lebih sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum BPC Hipmi Kepulauan Seribu, Rangga Derana Niode mengatakan, Rakercab ini mengusung tema Peran dan Partisipasi Pengusaha Muda dalam Proyek Strategis Pariwsata Nasional di Kepulauan Seribu. “Tema tersebut sekaligus merupakan konsentrasi Hipmi Kepulauan Seribu untuk agar ikut andil dalam menyukseskannya.”

Ia menambahkan setelah raker, pihaknya akan menyusun program-program, sehingga Hipmi Kepulauan Seribu akan menjadi wadah bagi pengusaha, baik di Kepualauan Seribu maupun yang berada di daratan Jakarta. “Hipmi akan menjalin hubungan dengan pasar dan pemodal, sekaligus mencetak pengusaha-pengusaha baru di Kepulauan Seribu,” tandasnya.

Pada rangkaian Rakercab Hipmi Kepaulauan Seribu juga digelar sesi talkshow dengan narasumber sejumlah Direksi BUMN, BUMD, dan pengusaha swasta nasional yang bergerak di bidang pariwisata dan logistik.

Di sesi pariwisata, Direktur Utama JXB Novita Dewi, Direktur Ancol Eddy Prastiyo, dan Direktur VP Group Rhomedal Aquino memaparkan peluang industri kepariwisataan terkini. Mereka memaparkan keberhasilan usaha wisata yang dikolaborasikan dengan ekonomi kreatif.

Sementara di sesi logistik, Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut, Yossianis Marciano, Direktur Niaga Sriwijaya Air Group Henoch Rudi Iwanudin, dan Direktur Operasi dan Pengembangan LRT Jakarta Aditia Kesuma Negara sebagai narasumber, memaparkan sinergi antar-perusahaan logistik dengan berbagai moda transportasi di darat, laut, dan udara. Mereka dapat bersinergi dengan pengusaha untuk menurunkan biaya logistik Indonesia yang relatif tinggi sebagai negara kepulauan.

Selain mengadakan forum bisnis, dalam Rakercab ini juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Hipmi Jaya dan PT LRT Jakarta yang difasilitasi oleh BPC HIPMI Kepulauan Seribu. Perjanjian kerja sama ditandatangani Ketua Umum BPD Hipmi Jaya, Sona Maesana dan Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis PT LRT Jakarta, Aditia Kesuma Negara. Kedua pihak sepakat berkolaborasi pada beberapa rencana strategis, salah satu di antaranya adalah pembangunan fasilitas pusat keolahragaan yang dkelola bersama.

Selain Bupati Kepulauan Seribu acara itu juga dihadiri beberapa pemangku kepentingan lain seperti Wakil Bupati Fadjar Churniawan, Kapolres Kepulauan Seribu, Komandan Kodim Jakarta Utara dan pemangku kepentingan lain di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *