oleh

Poci Khas Tegal yang Bukan Asli Tegal

Purnamanews.com – Slawi.  Saat kita memasuki Kabupaten Tegal kita disambut dengan Tugu Poci Slawi Ayu khas Tegal yang berada di bundaran Alun alun Monumen GBN dan Mesjid Agung Kabupaten Tegal serta menjadi kebanggaan masyarakat.

 

Moci istilah masyarakat Tegal merupakan kebiasaan minum teh yang dituang dari Poci yang terbuat dari bahan tanah liat. Dicampur dengan gula batu dan dihidangkan bersama tempe mendoan atau tahu aci khas Banjaran, rasanya nikmat sekali. Kebiasaan seperti sudah turun temurun dari para leluhur karena teh asli Tegal ” rasanya memang nikmat tiada duanya”.

 

Dari toko cendera mata yang menjual berbagai jenis gerabah yang berada di daerah Pagongan yang merupakan sentra penjualan berbagai kerajinan dari tanah liat didapat informasi bahwa barang barang tersebut di kirim dari daerah lain.

Dari informasi para pedagang, sentra kerajinan gerabah di Desa Dukuh Malang Kecamatan Talang. Pak Supri ( 70 tahun ) yang merupakan salah seorang pengrajin Gerabah di desa tersebut menceritakan keprihatinannya.

 

” Generasi muda sekarang sudah tidak tertarik dengan kegiatan kerajinan yang terbuat dari tanah liat seperti ini. Sampai sekarang hanya tersisa lebih kurang empat orang tenaga trampil yang mampu membuat gerabah. Adapun jenis gerabah yang masih berproduksi seperti layah ( piring ) dan kendhil “.

 

Kami tidak memproduksi jenis yang lain, disamping permintaan dan harga yang tidak stabil juga tidak didukung oleh ketersediaan bahan tanah liat yang harus didatangkan dari luar daerah seperti Pemalang.

 

Nurhikmah salah seorang generasi penerus usaha gerabah juga menyampaikan, ketersediaan tenaga kerja trampil dalam pembuatan gerabah sudah tidak banyak. Jadi untuk memproduksi skala besar agak kesulitan dan hanya memproduksi barang seperti kendhil, layah sesuai order.

 

Kami berharap ada perhatian dari pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Tegal untuk bisa mengembangkan, mendorong generasi muda menekuni bidang ini dengan menerapkan tekhnologi saat ini. Baik dari segi desain maupun pemasarannya,ungkapnya

( Fe / red )

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed