oleh

PETANI MENGELUH KARENA TANAMAN PADI RUSAK AKIBAT HAMA

PURNAMANEWS.COM,PIDIE – Sebagian warga yang berstatus petani di Kecamatan Pidie,mengeluh karena sebagian tanaman padi mereka mulai diserang hama “kresek” sehingga membuat daun padi memutih dan mati.

Pasalnya,Salah satu seorang kelompok tani Syukri pada MEDIA Purnamanews ini mengatakan, saat ini para petani kewalahan dan mengeluh dalam mengatasi penyakit ditanaman padinya saat ini.Bahkan mereka tidak mengetahui apa obat yang cocok guna mengatasi dan membasmi hama yang menyerang tanaman padi itu.

“Umur tanaman padi ini masih tergolong muda.Bahkan baru ditanam sekitar dua atau tiga Minggu yang lalu,sangat kita sayangkan kini sudah mengalami putih daun kering dan mati,”katanya

Pengamat Hama Penyakit (PHP) BPP Kecamatan Pidie, Ir. Hijriah membenarkan keluhan warga tersebut.

“Benar, ada warga kita yang bertatus petani mengeluh karena tanaman mereka diserang hama ‘kresek’ . Bahkan penyakit di padi itu cepat menjalar ke padi lain nya,” kata Hijriah saat meninjau sawah tanaman padi di kawasan Lampeudeu Tunong, Selasa (22/01/2019) dini hari.

Setelah menindak lanjuti laporan kelompok petani, Ir. Hijriah membenarkan bahwa tanaman padi itu saat ini telah diserang penyakit ‘kresek’ daun.

Ia, juga menjelaskan penyakit ‘kresek’ daun ini pengaruh Bakteri/Jamur. Adapun cara mengatasinya, kata Ir. Hijriah, kurangi air di tanaman padi dan segera lakukan Semprotan dengan memakai jenis obat “BAKTOSIN” tanpa campuran lain walau vitamin sekalipun,” ujar Ir. Hijriah.(Hanan/Nazar)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed