oleh

Peresmian (BUMDES)Badan Usaha Milik Desa Oleh Camat Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Jawa Barat

PURNAMANEWS.COM,BEKASI – Camat Tambun Selatan H.Drs. Iman Santoso, pada hari jum’at 15 maret 2019 pukul,15:00 wib,Meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Sumberjaya Tambun Selatan kabupaten Bekasi Jawa Barat,Di Aula Kantor Kecamatan Tambun Selatan.Senin,(17/03/19).

Acara ini di hadiri oleh para pengurus RT/RW, BPD, LPM, PSM, Pengurus Bumdes,Kapolsek Tambun,Danramil Tambun, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi,Karang Taruna,Pengurus PKK.

Menurut Mantan Kepala Desa Sumberjaya,Bahwa Badan Usaha Milik Desa/ Bumdes merupakan usaha desa yang di kelola oleh pemerintah desa, dan berbadan hukum.

Pemerintah desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa. Pembentukan Bumdes ditetapkan dengan peraturan desa, kepengurusan Bumdes terdiri dari pemerintah desa dan masyarakat desa setempat.

Permodalan badan usaha milik desa dapat berasal dari pemerintahan desa, Tabungan masyarakat,bantuan pemerintah kabupaten/Kota,bahkan provinsi, pinjaman,atau penyertaan modal pihak lain atau kerja sama bagi hasil atas dasar saling menguntungkan. Bumdes dapat melakukan pinjaman yang dapat dilakukan setelah mendapat persetujuan BPD.

Anggaran Dana Desa yang di alokasikan oleh pemerintah Kabupaten/Kota. Anggaran pendapatan dan Belanja desa selanjutnya disingkat APB desa, adalah rencana keuangan tahunan pemerintah desa yang dibahas dan disetujui bersama pemerintah dan BPD.

Harapan Camat Tambun Selatan H.Drs.Iman Santoso, Bumdes Desa Sumberjaya kedepannya dapat memenuhi kebutuhan warga masyarakat di bidang usaha mini Market Bumdes.

(Aliando/Neng)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed