oleh

Penggeledahan Dan Sweeping Oleh Aparat Kepolisian Jayapura di BackUp Personil Kodim 1701/Jayapura

PurnamaNews.com – Jayapura. 1. Pada hari Rabu tanggal 19 Desember 2018 Pukul 08.35 s.d 10.10 WIT bertempat di Anjungan Taman Budaya Expo Kelurahan Waena Distrik Heram telah dilaksanakan Kegiatan Penggeledahan dan Sweeping terkait aksi Demo dari Solidaritas Persatuan Rakyat Papua Barat (SPR-PB) yang didalamnya termasuk gabungan dari kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Serikat Perjuangan Mahasiswa (SEPAHAM), Gerakan Rakyat Demokratik Papua (GARDA-P) dan West Papua National Authority (WPNA).

Dalam rangka Memperingati Hari Trikora yang merupakan awal militerisme masuk ke wilayah Papua. Aksi penggeledahan dan sweeping dipimpin oleh Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, didampingi Dandim 1701 /Jayapura Letkol Inf Johanis Parinussa, Kabag Ops Polres Jayapura Kota Kompol Nursalam Saka dan Kapolsub Sektor Heram Iptu Alfrit Nadek. Yudo Winarno (Kasat Bimnas Polres Kabupaten Jayapura) dengan melibatkan 60 orang personel gabungan TNI-Polri.

2 . Kronologisnya sebagai berikut :
a. Pukul 08.30 WIT Apel pengecekan personel Kepolisian dipimpin oleh Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, adapun penyampaian adalah :
1) Kita akan mencegah aksi dari kelompok KNPB yang tidak sesuai dengan aturan di NKRI.

2) Kita akan melakukan penggeledahan dan pencegahan agar kelompok ini tidak melakukan aksi.

b. Pukul 08.35 WIT Apel selesai dilanjutkan dengan kegiatan penggeledahan dan sweeping di Anjungan Taman Budaya Expo Waena yang dipimpin oleh Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas di Anjungan Mahasiswa Jayawijaya dan didapatkan beberapa alat butki diantaranya :
1) 3 buah bendera KNPB.
2) 7 unit sepeda motor tanpa dilengkapi surat.

c. Pukul 08.40 WIT Aparat Kepolisian melakukan Pengecekan di seputaran Anjungan Jayawijaya dan dimana ditemukan gambar Bintang Kejora di tulisan Anjungan Jayawijaya selanjutnya aparat memerintahkan masyarakat yang ada di Anjungan tersebut untuk mengecatnya.

d. Pukul 09.00 WIT Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Johanis Parinussa tiba di taman Budaya Expo Waena selanjutnya memonitor jalannya aksi penggeledahan.

e. Pukul 09.05 WIT Sebanyak 13 orang massa diduga kelompok KNPB dibawah Pimpinan Kobabe Wanimbo (Wakil Koorlap/Ketua Diplomasi KNPB Pusat) beserta massa aksi ditangkap di Expo Waena Jayapura dan selanjutnya Massa aksi bersama 7 buah barang bukti sepeda motor diamankan menuju ke Polresta Jayapura.

f. Pukul 09.10 WIT 1 Pleton Anggota Kodim 1701/Jayapura dipimpin Pasiops Kodim 1701/Jayapura Kapten Inf Sostenes Gasper tiba di Anjungan Taman Budaya Expo guna memback up Aparat Kepolisian.

g. Pukul 09.30 WIT Kegiatan pengeledahan dilanjutkan kembali di beberapa Anjungan taman budaya Expo dan didapatkan barang bukti sebanyak 10 unit sepeda motor tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan.

h. Pukul 09.45 WIT Kapolres Jayapura dan Dandim 1701 /Jayapura meninggalkan TKP dan menuju ke Perumnas III Waena.

i. Pukul 10.00 WIT Sebanyak 10 unit barang bukti sepeda motor tanpa dilengkapi dengan surat kendaraan diamankan dengan menggunakan 1 unit truk menuju ke Polresta Jayapura.

j. Pukul 10.10 WIT Aparat Kepolisian sebagian berjaga-jaga di seputaran Museum Expo Waena dan sebagiannya menuju ke Perumnas III Waena dalam keadaan aman dan tertib.

Redaksi

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed