oleh

Pemkot Tegal Menganggap Dewan Kesenian Tak Penting

Purnamanews.com – Tegal. Ketua Dewan Kesenian (DKT) Kota Tegal Yono Daryono berkeluh kesah didepan para seniman perihal kurangnya perhatian Pemkot Tegal terhadap dewan kesenian,, padahal dewan kesenian dibentuk sebagai mitra pemerintah untuk mengembangkan, menjaga dan mekestarikan kesenian dan kebudayaan.

Tetapi selama ini hanya dipandang sebelah mata. Demikian ungkap Yono Daryono saat acara doa bersama menjelang digelarnya acara pementasan seni yang mengusung tema ” Harikling Daring ” Dijelaskan oleh Yono Daryono pemeran man Damin dalam film ” Tukang bubur naik haji ” Kepengurusan DKT Kota Tegal selama tiga tahun telah dibekukan karena waktu itu mereka tidak bisa mempertanggung jawabkan anggaran yang di terimanya, setelah itu atas perintah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr.Drs.Johardi, yang sekarang menjabat Sekga Kota Tegal minta supaya dibentuk lagi kepengurusan DKT yang baru dan Yono Daryono lah yang terpilih menjadi ketuanya,, namun diakui oleh Yono, dua tahun sudah menjabat sebagai ketua  DKT tetnyata masih menjalani dosa masa lalu.

Yang dilakukan oleh pengurus lama sehingga sampai sekarang belum pernah mendapat anggaran dari pemkot, Padahal anggaran itu penting karena akan mempengaruhi kreatifitas dewan kesenian.

Oleh sebab itu dia berharap agar tahun 2001 pemkot mengalokasikan anggaran APBD untuk kegiatan dewan kesenian. Dikatakan oleh Yono, jajaran pengurus DKT sedianya ingin ber audency dengan walikota, disamping memperkenalkan pengirus baru juga banyak hal menyangkut keberadaan DKT dan pengembangan Taman Budaya Tegal. Namun kata Yono rupanya beliau belum berkenan dan akhirnya Asisten satu yang menerimanya.

Doa bersama yang berlangsung Selasa 15/7 pkl.20:00 wib di gedung Taman Budaya Tegal dipimpin oleh Saiful Amin, dan hadir para seniman dari Komite teater, sastra, seni rupa, tari dan film, acara ditandai dengan pemotongan Tumpeng oleh Erwin dari Crasindo Event Organizier diserhkan kepada Yono Daryono.

Acara live streming melalui akun youtube dewan kesenian Kota Tegal dimulai Jum’at 18 Juli 20 Acara yang akan digelar dari gedung TBT kota Tegal setiap selesai pementasan dilanjutkan diskusi dan tanya jawab tentang materi pertunjukan yang ditampilkan, kata Erwin selaku EO bahwa kegiatan pementasan seni nonton dari rumah saja, digelar atas prakasa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal.

 

(Biet/Red)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed