oleh

pemerintah Aceh Barat Peringati Hari Santri Nasional(HSN)

Meulaboh ( Purnamanews ) – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2019 di Kabupaten Aceh Barat berlangsung meriah, ribuan santri ikut meramaikan peringatan HSN 2019 yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Aceh Barat, Selasa (29/10/2019).

 

Peringatan HSN diawali dengan Upacara Akbar yang dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS serta dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Barat, Kasrem 012 Teuku Umar, jajaran Forkopimda, dan para tokoh agama. Tidak hanya kaum santri saja, upacara juga diikuti oleh pelajar hingga ASN.

Dalam kegiatan tersebut turut dilaksanakan Pemberian bantuan untuk Mesjid, Meunasah, TPQ, santri dan mahasiswa kurang mampu, bantuan sepeda motor untuk tengku meunasah dan bonus untuk kafilah Aceh Barat yang mendapatkan juara pada MTQ Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019 di Kabupaten Pidie.

 

Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS saat memberi sambutan dalam upacara tersebut membacakan sambutan resmi dari Menteri Agama Republik Indonesia, yang menyampaikan bahwa tema HSN kali ini adalah “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”, isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian, aebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin.

Ramli. MS menambahkan, Pemkab Aceh Barat tetap akan terus memberi perhatian penuh untuk para santri dan tungku pasantren dengan memberi bantuan fisik dan moral dengan harapan santri dapat terus memberikan pengabdian bagi masyarakat.

 

“Insya Allah kedepan pemimpin Aceh Barat dari kalangan santri, sudah saatnya santri berdiri di didepan, inilah bukti santri beriman dan berpancasila” imbuh Ramli MS.H.  Ramli juga menyampaikan bahwa pihaknya tetap menganggarkan dana Rp.300 juta untuk Ulang Tahun Santri pada tahun 2020.

 

Selain itu H. Ramli. MS menuturkan, selama ini dirinya telah merealisasikan janji kampanyenya dulu yaitu dengan memberikan bantuan Rp.1 juta per santri dan melahirkan Peraturan Bupati agar Tengku Pasantren dapat mengajar di sekolah umum yang kesemuanya itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan santri dan menciptakan generasi yang berketauhidan dan berakhlakul karimah.

 

Selesai upacara, kemeriahan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Kabupaten Aceh Barat Tahun 2019 dilanjutkan dengan Pawai Ta’aruf dengan rute dari Gajah Mada menuju Jalan Manek Roo– Jl Swadaya– dan finish kembali di Halaman Kantor Bupati, Bupati H. Ramli MS bersama Wakil Bupati, unsur Forkopimda dan Para Kepala SKPK ikut berjalan kaki bersama peserta pawai, meskipun cuaca terik, tidak menyurutkan semangat ribuan santri yang mengikuti pawai. (Ns)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed