oleh

Pantau Kesiapan FKTP Di Masa Covid-19, BPJS Kesehatan Aceh Jaya Lakukan Rekredensialing

Aceh Jaya, Purnamanews.com Jamkesnews – Sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pelayanan dan persyaratan perpanjangan kerjasama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya melaksanakan rekredensialing ke Puskesmas Krueng Sabee.

 

Rekredensialing merupakan proses seleksi ulang terhadap pemenuhan persyaratan dan kinerja pelayanan yang mencakup lisensi, riwayat mal praktek, analisa pola praktek dan sertifikasi untuk melakukan kualifikasi fasilitas kesehatan (faskes) bagi fasilitas kesehatan yang telah dan akan melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

 

Kepala Puskesmas Krueng Sabee, Nasruddin mengatakan bahwa selama ini dirinya dan tim telah memberikan pelayanan yang optimal dan sesuai prosedur kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

 

“Kami berkomitmen penuh dalam menjalankan pelayanan sesuai dengan alur yang telah ditetapkan dan disepakati dalam perjanjian kerjasama bahkan selama Covid-19 ini kami selalu mengedukasi pasien untuk menjaga kondisi dan pola hidup sehat dengan cara menggunakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun,” jelas Nasruddin.

 

Dirinya juga mengungkapkan kesiapan puskesmas untuk melanjutkan kerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam melayani peserta JKN-KIS di tahun yang akan datang.

 

“Alat-alat medis yang kami punya sudah banyak dan lengkap serta selama pandemi seperti sekarang ini kami tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN-KIS dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan seperti memakai alat pelindung diri (APD) lengkap,” papar Nasruddin.

 

“Dalam kesempatan yang sama, Junaidi selaku Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya menjelaskan bahwa kegiatan rekredensialing ini dilakukan setiap tahun guna memastikan kesiapan fasilitas kesehatan dalam segi sarana maupun prasarana untuk melayani peserta JKN-KIS.

 

“Untuk berkerjasama dengan BPJS Kesehatan, banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh FKTP dan setiap tahunnya kami pastikan lagi kesiapan FKTP tersebut dalam melayani peserta JKN-KIS karena kepuasan peserta JKN-KIS merupakan tujuan utamanya,” ungkap Junaidi.

 

“Junaidi juga menambahkan, bahwa melalui proses rekredensialing diharapkan  standar-standar yang telah ditetapkan dapat dipenuhi oleh fasilitas kesehatan sehingga diharapkan pelayanan yang akan diberikan kepada peserta JKN-KIS dapat terlaksana secara maksimal.

“Dalam (proses) rekredensialing ini, FKTP akan dinilai aktif dengan nilai tertinggi 100 dan ambang batas minimal 60, dan sangat diharapkan untuk FKTP yang berada di Kabupaten Aceh Jaya ini lulus rekredensialing dengan mendapat nilai yang bagus hingga angka tertinggi,” tutup Junaidi.

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed