oleh

Pangdam Jaya Mengggelar Kegiatan Launching Program Jayakarta Benteng Pancasila

Purnamanews.com Jakarta —Program Jayakarta Benteng Pancasila merupakan gerakan untuk membangun makna Pancasila di tengah masyarakat melalui berbagai kegiatan diantaranya seperti Kampung Pancasila Jaya. Hari ini Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E. M.M., mengggelar kegiatan Launching “Program Jayakarta Benteng Pancasila”, bertempat di Aula Sudirman Jl. Mayjen Sutoyo No.5 Cililitan Jakarta Timur.

Kegiatan Launching Program Jayakarta Benteng Pancasila diikuti secara Virtual oleh 83 Kampung Pancasila Jaya yang terdapat di wilayah Jakarta Raya termasuk Tangerang dan Depok.

Mengacu kepada jumlah Koramil jajaran Kodam Jaya seluruhnya terdiri dari 83 Koramil, dalam satu Koramil terdiri dari satu Kampung Pancasila, sehingga jumlah kampung Pancasila yang berada di wilayah teritorial Kodam Jaya seluruhnya terdapat 83 Kampung Pancasila Jaya.

Dalam amanatnya Pangdam Jaya mengatakan, “Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menjaga dan memelihara Pancasila sebagai Ideologi Negara dalam wadah program Jayakarta Benteng Pancasila. Membangun kembali semangat Pancasila di kalangan masyarakat, membuat program Online, offline dan kombinasi untuk membangun semangat Pancasila.

Disamping itu juga untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang Pancasila yang tidak diketahui sebelumnya ataupun dilupakan, mengajak masyarakat untuk melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Ideologi Negara Pancasila dan memperkuat kembali hubungan sesama masyarakat dengan menggunakan Pancasila sebagai pondasinya”, ungkap Pangdam Jaya.

Kegiatan Launching Jayakarta Benteng Pancasila, selain diikuti secara Virtual oleh 83 Kampung Pancasila Jaya, juga dihadiri langsung oleh undangan dari kalangan Pemerintah Daerah, TNI/Polri, Kepala BPIP Bpk Prof. K.H. Yudian Wahyudi. MA., PH.D. dan para Tokoh Agama.

Adapun Para Pejabat Utama Kodam Jaya yang mendampingi Pangdam Jaya diantaranya, Kasdam Jaya, Irdam Jaya, Kapoksahli Pangdam Jaya, para Danrem, para Asisten, Kapendam Jaya dan para Dandim jajaran Kodam Jaya/Jayakarta

Pertama-tama kami sangat bangga dan menyambut baik atensi dari Bapak Pangdam Jaya tentang Program Jayakarta Benteng Pancasila yang salah satu point didalamnya terdapat Kampung Pancasila.

Program ini merupakan langkah yang sangat tepat dalam menyikapi perkembangan dinamika tantangan di wilayah dan kondisi sosial yang sangat fluktuatif.

Hal ini sangat beralasan karena dapat kita lihat bersama banyak hal-hal negatif terjadi akhir-akhir ini yang sangat menimbulkan kekhawatiran khususnya bagi para kaum milenial.

Dari mulai tingginya angka intoleransi di masyrakat sampai dengan beberapa kasus penyerangan oleh teroris.

Kompleksitas tantangan ini perlu direspon dengan serius oleh semua pihak dari seluruh lapisan masyarakat agar nilai-nilai luhur Pancasila masih terus bisa menjadi benteng pertahanan kaum milenial dari ajaran-ajaran ideologi yang menyesatkan.

Oleh karena itu Kampung Pancasila ini merupakan wadah nyata dan bertugas sebagai motor dilevel Kelurahan, sehingga diharapkan sinergitas seluruh komponen masyarakat ini dapat membendung seluruh pengaruh-pengaruh negatif yang mengancam kedaulatan negara dan tentu saja out put akhirnya adalah terjaganya asas gotong royong dalam masyarakat yang merupakan intisari dari nilai-nilai luhur Pancasila.

Jadi mari sama-sama kita dukung dan sukseskan program ini dan menjadi bagian aktif didalamnya untuk menyelamatkan generasi penerus kita ujar Mayor Kav Dian Kriswijaya S.I.P Danramil 02/SB sebagai salah satu peserta Virtual lauching kampung Benteng Pancasila

Syam/Sahal

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed