oleh

Nagan Raya Ikut Pekan Kebudayan Pruduk UMKM ludes Tejual

Purnamanews.com, Subulussalam  – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Nagan Raya ikut meriahkan Pekan Budaya Dan Tradisi Barat Selatan (PBTBS) tahun 2022 di Kota Subulussalam, Aceh, Sabtu (19/03/2022). 

 

Pada event tersebut seluruh barang yang dipamerkan di stand Nagan Raya ludes terjual.

 

Ketua Dekranasda Nagan Raya, Hj Marwati Ibnu Ali, mengatakan, Dekranasda bersama PKK dan Disbuparpora ikut menampilkan berbagai produk UMKM dan peralatan budaya dan tradisi. 

 

“Hampir semua hasil kerajinan UMKM habis terjual. Masyarakat sangat antusias terhadap berbagai produk UMKM Nagan Raya, seperti asesoris dari batu giok, kerajinan dari bahan enceng gondok, ragam jenis kue tradisional, habis terjual,” kata Marwati yang hadir langsung saat pembukaan. 

 

PBTBS dibuka Walikota Subulussalam, H Affan Alfian Bintang, SE, di Lapangan Sada Kata, Kota Subulussalam, siang kemarin. 

 

Kegiatan itu diikuti oleh partisipan dari Kabupaten Nagan Raya, Aceh Jaya, Aceh Barat, Simeulue, Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Selatan, Kota Subulussalam, dan Aceh Singkil, dengan menyajikan tradisi dan budayanya masing-masing di negeri berjuluk Kota Syekh Hamzah Fansuri tersebut.

 

Rangkaian acara terdiri dari penampilan budaya dan tradisi, pameran kriya dan kuliner unggulan dari delapan kabupaten/kota, pentas seni, serta kenduri kuah beulangong.

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, menjelaskan, pembukaan PBTBS tahun 2022 mengangkat tema “Budaya Membangun Negeri” 

 

“Event ini sekaligus jadi ajang pemanasan PKA tahun 2023 di Banda Aceh, yang direncanakan digelar bulan Agustus tahun depan,” katanya.

 

Sementara itu, Walikota Subulussalam, H Affan Alfian Bintang, SE, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Aceh beserta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh yang telah memberikan kepercayaan sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan PBTBS. 

 

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Hj Asmidar, Sekretaris Komisi XI DPRA.

 

“Ini suatu kebanggaan bagi kami telah dipercayakan sebagai tuan rumah. Kami siap mensukseskan kegiatan Pekan Budaya dan Tradisi Barat Selatan 2022,” kata Wali Kota Subulussalam, Affan Alfian Bintang saat membuka event tersebut.

 

PBTBS 2022 menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan konsep Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed