oleh

MUI Kab. Bekasi Imbau Bayar Zakat di Awal Ramadhan untuk Ringankan Beban Mustahik

Purnamanews.com | Bekasi – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bekasi mengimbau umat muslim untuk menyegerakan membayar zakat fitrah di awal Ramadhan untuk meringankan beban mustahik yang terdampak Covid-19.

Hal itu tertuang dalam maklumat MUI Kabupaten Bekasi tentang pelaksanaan ibadah Ramadhan selama wabah Covid-19.

Sekretaris MUI Kabupaten Bekasi, KH. Muhidin Kamal Nawawi mengatakan ada 12 poin dalam maklumat itu, diantaranya ibadah shalat Jumat diganti dengan shalat dzuhur, solat tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing, tetap mengumandangkan adzan shaat 5 waktu, kegiatan tadarus di masjid dibatasi hingga pukul 22.00 WIB, kepada kyai dalam memberikan kultum subuh dilakukan tanpa jemaah dan menggunakan pengeras suara.

Kemudian, mengumumkan waktu sahur dengan menggunakan pengeras suara, tidak melaksanakan buka bersama, sahur on the road, tabligh akbar, dan takbir keliling.

Selanjutnya, silaturahmi halal bihalal sebaiknya dilakukan melalui online, tidak melakukan mudik, dalam penyerahan zakat oleh BAZNAS sebaiknya meminimalisasi kontak fisik, dan yang terakhir agar umat lebih mendekatkan diri kepada Allah selama adanya wabah corona dan di bulan Ramadhan guna meraih amal pahala dan keberkahan.

“Maklumat ini telah kami sosialisasikan ke seluruh pengurus MUI kecamatan dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kabupaten Bekasi,” ucapnya, Jumat (24/04/20).

Muhidin juga berharap selama pelaksanaan ibadah Ramadhan, umat Islam dapat menjaga kerukunan dengan umat agama lainnya dan saling membantu dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

(Cemat/DC)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed