oleh

Menjelang Hari Raya Qurban, 30 Orang Cacat Berat Dapat Bantuan Dari Dinsos

Purnamanews.com – Aceh Timur. Ibu Aminah tak kuasa menahan tangisnya sembari mengucapkan terimakasih ketika tim dari Dinas Sosial berkunjung ke rumahnya di Gampong Peulalu, Kecamatan Simpang Ulim Aceh Timur dalam rangka menyalurkan bantuan kepada anaknya yang mengalami cacat berat.

27 tahun sudah usia Abdul Manan buah hatinya tersebut, namun ia hanya bisa terbaring di tempat tidur. Segala aktifitas tidak bisa dikerjakan tanpa bantuan orang lain, jangankan untuk berjalan bahkan untuk duduk saja Abdul Manan tidak bisa. Hari-hari dalam kehidupannya Abdul Manan dirawat oleh Aminah ibundanya tersebut.

Selepas dari pada itu Dinas Sosial juga menyempatkan diri berkunjung ke rumah Anwar mengalami cacat berat semenjak lahir sampai dengan sekarang sudah berumur 31 tahun di Desa Smtg Kuyun Kecamatan Idi Timur.

Anwar merupakan anak kedua dari pasangan Bpk Yusuf dan Ibu Zubaidah. Dalam kehidupannya sehari-hari Anwar tidak bisa melakukan kegiatan layaknya orang-orang, karena kondisi tubuhnya mengalami cacat semenjak lahir. Belum lagi ayahnya yang sudah tua dan juga mengalami lumpuh tidak bisa bekerja seperti biasa untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, keluarga tersebut dibiayai dengan penghasilan Ibunya sebagai petani. Penghasilan yang didapat dari hasil bertani tidaklah seberapa, tentu kondisi seperti ini menjadikan keluarga tersebut mengalami kesulitan dalam hal ekonomi.

Syafina Gp. Jungka Gajah Kecamatan Darul Aman juga mendapatkan kunjungan dari Dinas Sosial, Syafina berusia 16 tahun juga mengalami cacat berat dimana hari-hari sepanjang usianya, syafina tidak bisa melakukan apa-apa selain hanya bisa berbaring, segala sesuatu dibantu oleh orang tuanya baik makan, mandi, buang air kecil dan buang air besar dibantu dan dituntun oleh ibunda tercintanya.

Kepala Dinas Sosial Aceh Timur, Ir. Elfiandi, S.P1 melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Iskandar menyebutkan “kunjungan yang kita lakukan ini dalam rangka mewujudkan peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Dinas Sosial terus melakukan kegiatan rutin ini dengan berkunjung langsung kepada masyarakat yang mengalami cacat berat. Kunjungan yang kita lakukan ini dalam rangka menyalurkan bantuan kepada orang dengan kecacatan berat (ODKB)”.

Iskandar melanjutkan “Bantuan kita berikan kepada 30 orang cacat berupa kebutuhan bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari masing-masing sejumlah Rp. 750.000 untuk 3 bulan. Ini adalah bantuan tahap ke dua setelah penyaluran tahap pertama yang kita lakukan beberapa bulan lalu”.

“Orang cacat berat yang dimaksud disini adalah orang cacat yang tidak bisa mandiri, segala sesuatu tidak bisa dikerjakan sendiri dan perlu dibantu oleh orang lain”. Kata Iskandar.

“Adanya bantuan tersebut merupakan wujud nyata hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat yang mengalami cacat berat,”tutup Iskandar.

 

Hendrik/Red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed