oleh

Mengenal Sejarah Patilasan Syeh Abdullah Maulana Muhamad Ali, Di Kp. Kandang Sukaraya-Bekasi

PURNAMANEWS.COM,BEKASI – Awal sejarah kramat patilasan Syeh Abdullah Maulana Muhamad Ali, yang terletak di kampung kandang Rt 01 Rw 06 Desa sukaraya kec karang bahagia-Bekasi.

Menurut prasejarah yang di ungkapkan dari juri kunci kramat tersebut yaitu pak karso yang di kunjungi oleh warga kampung lain sebut saja bang sapta pada kamis malam (21/03/19).

Pak karso mengungkapkan tentang asal usul kramat patilsan tersebut kepada bang sapta, pada waktu tahun 1931 ada seorang waliyulloh yang di perintahkan untuk mencari pohon garut yaitu Syeh Abdullah Maulana Muhamad Ali, lalu beliau berangkat dari pacitarata menuju ke batu ampar.

Setelah sampainya di batu ampar syeh abdullah maulana muhamad ali pun di izinkan untuk mencari pohon garut, ia berjalan menelusuri hutan belantara untuk mencari pohon garut yang ia cari, hari demi hari dan bulan demi bulan ia lewati, hingga akhirnya pada waktu tahun 1932 syeh abdullah maulana muhamad ali menemukan pohon garut yang di carinya, pohon garut yang ia temukan itu terletak di kampung kandang.

Anehnya setelah pohon garut itu di ketemukan waliyulloh itupun menghilang, Lenyap entah kemana tidak ada yang tahu kemana perginya, menurut pak karso itu yang di namakan hilang musnah tampakrana. Hilang semua kejasad-jasadnya di katakan meninggal tetapi tidak ada makamnya.

Setelah menghilangnya waliyulloh itu, syeh abdullah maulana muhamad ali. Pohon garut tersebut, lalu di kramatkan oleh masyarakat setempat sebagai sejarah patilasan syeh abdullah maulana muhamad ali, dan sampai sekarang kramat garut ini ramai di kunjungi para peziarah, dan pada setiap bulan maulud di kramat garut ini selalu di adakan acara ruwatan masal atau acara syukuran untuk mengirimkan do’a kepada syeh abdullah maulana muhamad ali dan memohon kepada Allah Swt untuk keberkahan dan keselamatan untuk para peziarah dan masyarakat kampung ini.

Setiap ada acara ruwatan masyarakat sekitarpun selalu kompak, melakukan swadaya untuk acara ruwatan tersebut, membantu seiklasnya untuk acara selametan/syukuran di kramat tersebut. Kadang ada juga dari peziarah-peziarah yang dari daerah lain yang ikut bantu juga buat acara ruwatan tersebut.

Ya itulah prasejarah asal usul tentang kramat patilasan syeh abdullah maulana muhamad ali yang terletak di kampung kandang sukaraya-Bekasi. “Tutur pak karso juru kunci keramat”

(Rahmat.H/Red)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed