oleh

Masyarakat Gampong Bengga-Tangse ,Peringati Maulid dengan Meriah dan Unik

Sigli-Purnamanews.com , Pelaksanan maulid Nabi Muhammmad SAW di Aceh di laksanakan selama 100  hari , berbagai kabupaten kota di Aceh memperingati Maulid dengan begitu meriah.pagi nya di laksanakan kenduri bagi masyarakat gampong tersebut , kemudian adanya Zikir atau Dailat Khairat. sedangkan pukul 12.00 wib masyarakat desa Bengga menerima tamu desa sekitar yang di undang untuk makan kenduri maulid , juga pada malam nya di laksanakan Dahwah Islamiah dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dengan menghadirkan penceramah baik dari kabupaten Pidie maupun luar kabupaten Pidie .

salah satu nya yg terdapat di desa Bengga kecamatan Tangse kabupaten Pidie melaksanakan maulid di sana sangat unik dan lebih meriah lagi .Senin, 20/01/2020.

Asnawi merupakan geuchik gampong Bengga menuturkan kepada Media Purnamanews.com pelaksanaan Maulid masih menggunakan Tradisi Tempo Dahulu yang dilaksanakan di dusun mushalla gampong Beungga, kecamatan Tangse . selain undangan gampong tetangga juga kenduri disediakan kepada penggunaan jalan raya baik yang menggunakan kendaraan Bermotor maupun mobil semua di stop dan dipersilakan untuk menikmati kenduri ungkap geuchik Asnawi yg didampingi oleh Tgk. Rusli Imuem Meunasah setempat .maulid dilaksanakan hari ini minggu , 19 Januari 2020.

[caption id="attachment_15966" align="aligncenter" width="1280"] Panitia photo bersama usai kegiatan maulid termasuk membagikan nasi maulid bagi pengguna jalan Raya yg melintasi depan Desa Bengga.[/caption]

Tradisi masyarakat dalam perayaan maulid di desa Bengga tempo dahulu ini dilaksanakan semenjak tahun 2019 sampai saat ini masih seperti ini.
Mustafa salah satu unsur Pemuda Bengga menuturkan kepada media ini bagi masing – masing pengguna jalan raya yang melintasi Jalan Raya Tangse tepat nya di desa Bengga kita Stop dan di arahkan ke tenda , sudah kita sediakan tenda laki – laki dan perempuan secara terpisah untuk bisa menikmati nasi Maulid.

[caption id="attachment_15965" align="aligncenter" width="1280"] Dok.foto Umar Mahdi[/caption]

Umar Mahdi SH.MH juga Praktisi Hukum Pidie merupakan salah satu dari sekian banyak pengguna jalan raya yang di Stop saat melintasi Jalan Tangse tepat nya di desa Bengga , Pak Umar mengutarakan juga mendapatkan kesempatan makan nasi Maulid tersebut saat melintasi jalan Bengga di Stop Panitia untuk di ajak makan nasi maulid yang sudah disediakan panitia .
Umar Mahdi berharap Tradisi maulid sepeti ini terus di lakukan secara turun – temurun dan bisa diikuti oleh gampong – gampong lain. sehingga mempererat silaturrahmi dan ukhuwah sesama kaum muslimin serta sangat membantu masyarakat pengguna jalan Raya dengan bisa menikmati nasi Maulid .( Iskandar )

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed