oleh

Massa Penyerang Di Wilayah Jakarta Timur Diduga Oknum Anggota TNI

Purnamanews.com Jakarta Timur, 30 Agustus 2020 —Pada hari Sabtu tanggal 28 Agustus dan 29 Agustus 2020 telah terjadi penyerangan dan pengrusakan oleh kelompok OTK (diduga oknum anggota TNI) sekitar lebih dari 150 orang di wilayah Jakarta Timur.

Kronologis kejadian dimulai pada hari Jumat tanggal 28 Agustus 2020 pukul 23:00 WIB, massa dari TMII kurang lebih 50 orang, tiba di Komplek Pertokoan Arundina dan pukul 23:25 WIB, massa menyisir preman dan tukang parkir di sekitar Pertokoan Arundina dan Komplek PTB RT.003/05 Blok E1 Kelurahan Kelapa Dua Wetan Kecamatan Ciracas Jaktim.

Dilanjutkan pada hari Sabtu tanggal 29 Agustus 2020 Pukul 00:00 WIB, didepan Komplek Pertokoan Arundina Jl. Lap. Tembak Cibubur Kec. Ciracas Jaktim telah tiba massa tidak dikenal kurang lebih 100 orang dengan maksud mencari seseorang yang mengeroyok Prada Muharman Ilham dan pada pukul 00:15 WIB massa dikumpulkan dan diberi pengarahan oleh Dandim 0505/JT (Kolonel Kav Rahyanto Edi Yunianto) didampingi Dandeninteldam Jaya.
Inti pengarahan :
a. Permasalahan sudah ditangani oleh Aparat kewilayahan.
b. Saksi-saksi sudah diperiksa di Polres Metro Jaktim dan juga sudah dilakukan olah TKP
c. Personil agar kembali kerumah masing-masing, masalah ini akan diselesaikan oleh pimpinan.

Pukul 00:30 WIB, massa membubarkan diri menuju Polsek Pasar Rebo dan Polsek Ciracas dan melakukan pengrusakan di Jl. Lapangan tembak. Adapun kerugian sebagai berikut :
a. Mobil infentaris AN TV
Mobil Suzuki Ertiga merah B 2605 SOW
– Kaca depan pecah
– kaca pintu depan kanan pecah
– kaca belakang pecah
– kaca depan kiri pecah
b. Pot-pot bunga dan fasilitas umum.

Dilanjutkan pukul 01:00 WIB telah terjadi penyerangan dan pengrusakan Mapolsek Pasar Rebo Jl.Raya Bogor Km.26 RW.08 Kel Pekayon Kec Pasar Rebo Jaktim yang dilakukan oleh 2 (dua) orang masuk ke Mako Polsek merusak serta memecah kaca Ruang SPK dan menganiaya Aiptu Budi Anwar selaku petugas Jaga Tahanan, ada sekitar 100 orang gunakan sepeda motor berpakaian preman menunggu di pinggir Jalan Raya Bogor (Depan Mako Polsek Pasar Rebo).
Akibat kejadian tersebut menimbulkan kerugian :
a. Kaca dan Plafon dirusak (pecah)
b. Aiptu Budi Anwar mengalami luka memar (ringan) pada jari manis tangan kirinya

Masih pada hari Sabtu tanggal 29 Agustus 2020 Pukul 01:30 WIB sampai dengan pukul 01:45 WIB telah terjadi penyerangan dan pengrusakan di Mapolsek Ciracas Jl. Raya Bogor Kramatjati Jakarta Timur. Massa yang datang sekitar 300 orang. Pada saat kedatangan kelompok OTK pertama kali sudah ditahan oleh Kapolsek Ciracas dan dijelaskan akan menangani kasusnya namun tidak didengar dan massa merangsek ke halaman dan menghancurkan bangunan serta kendaraan dinas maupun pribadi yang terparkir di halaman Mapolsek. Kelompok OTK tersebut membakar Kantor Kapolsek dan kendaraan dinas. Selain itu kelompok penyerang juga melakukan pengrusakan fasilitas umum di sekitar Mapolsek Ciracas.
Pada pukul 02.30 Wib pasukan 201 sebanyak 2 truk dan sekitar 1 peleton Brimob Polda Metro Jaya tiba di Mapolsek Ciracas untuk pengamanan dan antisipasi penyerangan susulan oleh kelompok penyerang.

Pukul 03.00 Wib Kapolda Metro Jaya tiba di Mapolsek Ciracas disusul pukul 03:10 WIB Pangdam Jaya tiba di Mapolsek Ciracas.

Pada pukul 04.51 Wib Pangdam Jaya beserta rombongan meninggalkan Mapolsek Ciracas.

M.Irsyad Salim / Bagas Ariebowo

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed