oleh

Mahfud Paling Ideal Sebagai Cawapres

PURNAMANEWS – JAKARTA. Survei The Initiative Institute menyatakan tingkat keterpilihan mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2019 adalah yang tertinggi. Elektabilitas Mahfud sebagai cawapres capai 70,6 persen.

“Ini karena banyak yang menganggap Mahfud sebagai figur yang bisa merepresentasikan kestabilan politik,” ujar CEO The Initiative Institute Airlangga Pribadi di Menteng, Jakarta, Ahad (15/7).

Menurut Airlangga, mantan menteri pertahanan pada masa Kabinet Persatuan Nasional itu memiliki modal politik yang dinilai mampu meredam konflik di kalangan masyarakat. “Mahfud itu dekat dengan dua kelompok masyarakat, yang berbasis nasionalis dan berbasis Islam. Jadi dia figur yang bisa mendukung Kestabilan politik,” jelas dia.

BACA JUGA: Rumah Dirut PLN Sofyan Basir Digeledah KPK 

Airlangga berpendapat ada beberapa alasan angka keterpilihan mantan Anggota DPR RI itu tinggi. Di antaranya, faktor intelektualitas serta bebasnya Mahfud dari kepentingan partai politik.

Selain Mahfud, survei The Initiative Institute juga mencatat sejumlah tokoh lain dengan elektebilitas tertinggi sebagai bakal calon wakil presiden pada 2019. Mereka, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebesar 64,1 persen.

Ada jug pengusaha Chairul Tanjung 62, 3 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 60,9 persen. Nama lainnya, yaitu mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo 59,4 persen.

Survei The Initiative Institute yang dilaksanakan pada 10 Juli-15 Juli 2018, menggunakan purposive sampling. Responden pada survei ini merupakan pihak-pihak yang memiliki informasi cukup baik tentang kebijakan dan karakteristik tokoh.

Kelompok responden yang berpartisipasi dalam survei tersebut, meliputi akademisi, jurnalis, anggota organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, kalangan profesional, serta anggota organisasi nonpemerintah.

source: http://republika.co.id/r/pbwzqe428 (rn/red)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed