oleh

MAA Aceh Barat Lestarikan Adat Seumapa Dan Seni Budaya

Purnamanews.com, Meulaboh – Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Barat menggelar kegiatan pembinaan adat Seumapa/Narit Maja, Meunasib, dan Tarian tradisional dalam rangka melestarikan adat istiadat yang ada dalam masyarakat Aceh Barat.

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMKN 1 Meulaboh pada Kamis (21-10-2021) tersebut, menghadirkan 40 peserta aktif yang terdiri dari unsur pengurus MAA Kabupaten, unsur pengurus MAA Kecamatan, serta para pemerhati adat.

 

Dalam sambutan Bupati Aceh Barat yang dibacakan Asisten Adminstrasi Umum Setdakab Aceh Barat, Marwandi, SE, menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan yang digelar oleh MAA Aceh Barat tersebut sebagai upaya untuk melestarikan adat dan budaya yang dimiliki Bumi Teuku Umar ini ujarnya.

 

Menurutnya, hal ini diharapkan dapat meningkatkan peran lembaga adat dan seni budaya yang ada di Aceh Barat mulai dari tingkat Kabupaten hingga kecamatan dalam menjaga dan memperkenalkan warisan endatu tersebut kepada masyarakat ucapnya.

 

Untuk itu, ia berharap peserta pembinaan ini dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan serius dan maksimal guna meningkatkan kapasitas informasi dan ilmu tentang adat istiadat Aceh Barat untuk di implementasikan di wilayah kerjanya masing-masing harapnya

 

Disamping itu, Marwandi juga meminta kegiatan seperti ini harus dilaksanakan secara berkesinambungan guna meningkatkan peran dan fungsi lembaga adat dalam memperkenalkan adat dan budaya Aceh Barat kepada generasi muda di tengah era modern saat ini pintanya.

 

“Jangan sampai generasi muda tidak tahu tentang adat istiadat yang dimiliki daerah, karena kurangnya akses informasi dari para pemangku adat” tutur Marwandi.

 

Seumapa merupakan sastra lisan yang sering dipertunjukkan di acara adat perkawinan di Aceh yang berisi unsur perkenalan, tanya jawab, dan nasehat.

 

Menurutnya, tradisi tersebut memerlukan orang-orang ahli dalam merangkai kata secara spontan saat tanya jawab bersyair dengan menggunakan bahasa yang indah ujar Marwandi

 

Oleh sebab itu, perlu ada perhatian khusus dalam menjaga kelestarian tradisi yang merupakan bagian dari adat istiadat Aceh tersebut terutama dari lembaga dan pemangku adat pungkasnya. 

 

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan tersebut, Adi Wijaya, S.Sos, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pengurus MAA Kabupaten Aceh Barat dan pemerhati adat mulai dari tingkat Kabupaten hingga Kecamatan ujarnya.

 

Ia berharap output dari kegiatan tersebut adalah meningkatnya peran dan fungsi Lembaga adat dalam menjaga dan memperkenalkan adat dan budaya Aceh Barat kepada masyarakat khususnya bagi generasi muda harapnya

 

Selain itu, ia juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar senantiasa melestarikan tradisi Seumapa/Narit Maja, Meunasib, dan Tarian tradisional dalam setiap pelaksanaan adat perkawinan di Aceh Barat pintanya

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed