oleh

Koptan Gampong Sarah Mane Terima Bantuan Satu Unit Hand Trakctor

PURNAMANEWS.COM, Pidie Jaya–Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten  Pidie Jaya, menyerahkan bantuan satu (1) unit Hand Trakctor pemotong padi (combin) kepada Kelompok Tani (Koptan) Beuna Harapan, Gampong Sarah Mane, Kecamatan Meurah Dua, Selasa (26/3/2019) kemarin.

Proses serah terima bantuan ini berlangsung di gudang Pembibitan Pertanian Kabupaten Pidie Jaya tersebut.

Bantuan combin itu bersumber dari APBN 2017 yang diplot khusus untuk kelompok tani Beuna Harapan, Sarah Mane oleh Dinas Pertanian dan Pangan Pidie Jaya itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pidie Jaya drh. Muzzakir Muhammad melalui Bustami kepada Wartawan mengatakan, bahwa petani di Sarah Mane saat ini selalu taat atas anjuran-anjuran pertanian, termasuk seragamnya melakukan pola tanam serentak awal tahun 2019 yang dianjurkan dinas pertanian setempat melalui Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan.

“Selain itu, persawahan di Sarah Mane merupakan lahan sawah yang berada di lereng bukit, dengan petak sawah sangat kecil-kecil. Maka sangat wajar mereka mendapatkan bantuan combin tersebut,” kata Mazzakir seperti dikutip media Advokasi.

“Dan kami mengingat gampong Sarah Mane yang sawah masyarakat berada di lereng perbukitan, dengan petak sawah yang sangat kecil-kecil, tidak mungkin dipotong padi dengan menggunakan traktor Kobota, maka kita bantu dengan hand traktor combin, yang tujuannya agar petani di sana, bisa mengerjakan pemotongan padi dengan cepat yaitu hand tracktor combin,” ujar Muzzakir.

Dikatakan Muzzakir, bahwa selama ini petani Sarah Mane cukup taat pada aturan-aturan Dinas Pertanian, termasuk kekompakan petani saat melakukan Pola Tanam Serentak. Agar padi mereka tidak sampai rontok di masa panen, karena panenya juga serentak, maka pihak dinas juga memikirkan solusinya, yaitu menyerahkan combin pemotong Padi kepada koptan tersebut, dengan harapan agar proses pemotongan panen padi di sana berlangsung cepat.

“Kami atas nama Dinas Pertanian Pidie Jaya, mengingikan dengan bantuan hand trakctor tersebut, para petani setempat bisa memanfaatkan sesuai dengan fungsinya, sebagai alat pemotong padi bagi masyarakat tani Sarah Mane dan sekitarnya. Agar ekonomi masyarakat tani terus meningkat,” imbuh Muzzakir.

Sementara ketua kelompok Tani Beuna Harapan Sarah Mane, Jamaludin yang didampingi Anggotanya, Agus dan Sulaiman sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan pihak dinas.

“Kami, atas nama kelompok tani Beuna Harapan Gampong Sarah Mane, Kecamatan Meurah Dua, mengucapkan terimakasih kepada pihak Dinas Pertanian yang telah peduli dengan keluhan petani kami di Sarah Mane. Insya Allah bantuan ini akan kami gunakan sesuai dengan fungsi, seterusnya akan kami rawat dengan baik agar kami bisa me menggunakan dalam jangka waktu yang lama. Sekali lagi, terimakasih Pertaninan Pidie Jaya,” pungkas Jamaluddin. (Ism)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed