oleh

Kodim Nagan Raya Dan Dinkes Berburu 3722 Terduga TBC 17 Penderita Kusta.

Suka Makmue, Purnamanews.com –Rangkaian Pembinaan Teritorial (Binter) terpadu Kodim 0116/Nagan Raya yang berlangsung di kecamatan Beutong dan Beutong Ateuh Banggalang, dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan guna memantapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.Senin, (18/11/19) 

Dalam pelaksanannya,terhadap kegiatan fisik dan non fisik. Seperti halnya yang dilaksanakan Kodim 0116/Nagan Raya menyelenggarakan penyuluhan kesehatan tentang penyakit TBC dan Kusta, Kegiatan ini mengambil tema “Kemitraan Dinkes Nagan Raya dengan Kodim 0116 Berburu 2722 terduga TBC dan 17 Penderita Kusta pada tahun 2020”.

 

Dandim Nagan Raya Letkol Inf Guruh Tjahyono, S.I.P melalui Pasiter Kapten Arm Ainu Rokhman mengatakan selaku Bintara pembina Desa, peran Babinsa harus aktif dan wajib tahu program apapun di desa binaanya serta harus ikut terjun langsung dalam pelaksanaan kegiatan yang di lakukan baik kegiatan Gotong royong, penyuluhan kesehatan, keamanan, Karena kepedulian Babinsa terhadap warga binaanya harus bisa memberikan rasa aman, nyaman, mengayomi. 

 

Seperti para Babinsa Koramil 05/Beutong mendampingi Tim dari Dinas Kesehatan/Puskesmas Beutong melaksanakan penyuluhan kesehatan di Desa-Desa dalam kecamatan Beutong.

 

Dalam kegiatan kali ini, Tim kesehatan dari Kabupaten Nagan Raya bersama Babinsa memberikan penyuluhan tentang pegertian penyakit TBC (Tuberkulosis) yang juga dikenal dengan TB adalah penyakit paru-paru akibat kuman Mycobacterium tuberculosis. 

 

TBC akan menimbulkan gejala berupa batuk yang berlangsung lama (lebih dari 3 minggu), biasanya berdahak, dan terkadang mengeluarkan darah, dan melanjutkan dengan materi tentang penyakit Kusta, yang juga dikenal dengan nama lepra atau penyakit Hansen, adalah penyakit yang menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, serta mata. Kusta bisa menyebabkan luka pada kulit, kerusakan saraf, melemahnya otot, dan mati rasa.tutur pasiter kapten arm ainu(Ns).

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed