oleh

kirab obor Asian Games Sampai Di Kota Palembang

[caption id="attachment_2321" align="alignnone" width="300"] Api hasil ‘kawinan’ dari api India dengan api Mrapen, Jawa Tengah ini akan dibawa melalui jalur udara oleh 52 Pasukan Khas TNI Angkatan Udara yang akan diterbangkan dari Lanud Sri Mulyono Herlambang dan terjun ke GSJ[/caption]

PURNAMANEWS – Usai berkeliling nusantara, torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 akhirnya singgah di salah satu kota penyelenggara, yakni Palembang, Sumatera Selatan. Api abadi Asian Games dijadwalkan mendarat di Kompleks Jakabaring Sport City atau JSC Palembang, Sabtu 4 Agustus 2018.

Api hasil ‘kawinan’ dari api India dengan api Mrapen, Jawa Tengah ini akan dibawa melalui jalur udara oleh 52 Pasukan Khas TNI Angkatan Udara yang akan diterbangkan dari Lanud Sri Mulyono Herlambang dan terjun ke GSJ.KUNJUNGI SPONSOR

“Kegiatan estafet api obor keliling Indonesia sebagai simbol pertemanan dan semangat Asian Games 2018 di seluruh penjuru Indonesia,” ungkap Ketua Deputi I Panitia Daerah Asian Games, Akhmad Yusuf, Jumat 3 Agustus 2018.

Baca Juga: Aktifis (GPLAK) Aceh Tenggara Dilaporkan Ke Polres Oleh sekda Aceh tenggara 

Dalam kemasan kegiatan yang disebut Torch Relay, api abadi tidak hanya singgah di kota Palembang namun juga berkeliling di sejumlah Kabupaten/kota di Sumatera Selatan. Mulai dari Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Penukal Abab Lematang Ilir, Prabumulih, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir. Selanjutnya api akan menuju Provinsi Lampung.

Yusuf mengatakan, manfaat dari torch relay ini adalah sebagai promosi budaya dan pariwisata. Torch relay keliling Indonesia juga sebagai ajang sosialisasi Asian Games, sekaligus mempromosikan destinasi pariwisata, seni budaya serta potensi-potensi daerah lainnya ke mancanegara.

“Apalagi ini diliput dan disiarkan oleh 45 media resmi negara peserta, hingga negara-negara lain di luar Asia,” kata pria yang menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Selatan itu.

Baca Juga: Hari ini, At-Taqarrub Akan di Berangkatkan ke Banda Aceh 

Yusuf menjelaskan, kegiatan penyambutan api abadi akan dimulai dengan Akrobatik Udara oleh Eris Herryanto, dilanjutkan dengan Penerjunan Api Obor dan Bendera Protokol oleh TNI AU dan FASI. Penerjun TNI AU membawa tinder dan bendera Protokol.

Api obor dalam tinder, lanjut Yusuf, diserahkan penerjun TNI AU kepada Marsekal Pertama Eko Dono, Pimpinan Penerbangan Api Obor AGTR dari New Delhi India sampai dengan Palembang, kepada Ketua INASGOC Erick Thohir.

Setelahnya, Ketua INASGOC menyerahkan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan selanjutnya diserahkan kepada Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu, yang diteruskan dengan menyalakan api di Mini Couldron.

“Bendera diserahkan penerjun kepada Paskibraka Sumatera Selatan untuk dikibarkan di Plaza Gelora Sriwijaya Jakabaring,” jelasnya.

Pada upacara seremonial, api yang sudah ada di Menteri Pertahanan akan diserahkan ke Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan membawa lari api sejauh 100 meter secara estafet hingga ke tangan Menteri PMK Puan Maharani.

Kemudian langsung ke Kapolri, Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumatera Selatan dan para atlet yang akan membawa lari secara estafet hingga simpang Venue Bowling. Api kemudian dikirab keliling Palembang sejauh 24 kilometer.

(tim/red)

Baca Sumber

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed