oleh

KIP Pidie Buka Kotak Suara Terkait Sangketa Pilpres

PURNAMANEWS, Pidie – Komisi Pemilihan Independen (KIP) Kabupaten  pidie melaksanakan pembukaan kotak suara sesuai permintaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melalui surat yang dikirim oleh KIP Aceh, nomor 877 /PY, 01_1-SD/03/KPU/ V/2019, tertanggal 26 Mei 2019.

Surat yang isinya pemberitahuan tentang pembukaan kotak suara hasil ini terkait sangketa pemilu 2019 untuk calon Presiden dan Wakil Presiden.

Kegiatan pembukaan surat suara itu berlangsung di Gedung Pertemuan Kota Sigli, Jum’at kemarin (07/6).

Komisioner KIP pidie divisi Hukum Samsul Bahri kepada Jurnalis mengatakan, kegiatan pembukaan kotak suara Pemilu 2019 yang dilaksanakan oleh KIP Pidie tersebut sesuai perintah KIP Aceh tentang pengambilan dokumen rekaputilasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil pemilihan umum, dalam rangka persiapan persidangan di mahkamah konstitusi (MK) perkara perselisian hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2019.

Samsul menyebutkan, ada sebanyak 6 dokumen yang diambil di setiap kotak suara yang ada di 23 Kecamatan di Kabupaten setempat.

Adapun 6 dokumen tersebut yaitu:
1. formulir model DAA1
2. formulir model DA-KPU dan DA1
3. formulir model DA2 KPU
4. formulir model DA-TT+KPU
5. formulir model DA-DH+KPU
6. Formulir model D,C6+KPU

Semua formulir itu nantinya akan dikembalikan ke kotak suara masing-masing setelah di foto copy per exlempar dan dileges POS Indonesia. Lalu dikirim ke KIP Aceh.

Proses pembukaan kotak suara itu turut disaksikan oleh Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Pidie, Pihak Kepolisian Polres Pidie dan awak media.” Tutupnya. (N)

Sumber Newskpk

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed