oleh

Keude Dua, Bimtek Penyusunan Rancangan Qanun Gampong

PURNAMANEWS.COM – ACEH TIMUR. Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat itu sendiri.

Kearifan lokal (local wisdom) biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut,

Untuk menyesuaikan akan hal tersebut Gampong Keude Dua telah menyelesaikan acara yang sangat Istimewa berupa Pelatihan Bimbingan Tekhnis Tentang Penyusunan Rancangan Qanun Gampong, secara perdana di dalam Kecamatan Darul Ihsan, bertempat diMeunasah Keude Dua, kamis 17 Oktober 2019

Pada kesempatan yang sama Camat Darul Ihsan Azani,SE menyampaikan bahwa ini moment Bimtek yang sangat istimewa diselenggarakan, oleh pihak Gampong Keude Dua secara Perdana dan belum ada diGampong yang lain, dan menjadi percontohan atau berbentuk pilot projec, kiranya dalam Kecamatan Darul Ihsan umumnya, dan saya mengharapkan juga baik Gampong yang lain sangat penting untuk diadakan acara seperti ini, saya berapresiasi dengan ucapan sukses selalu, karena telah bersusah payah hingga dapat menyelenggarakan yang sangat berbahagia ini, ucapnya.

Acara bimbingan tekhnis turut dihadiri Muspika Plus Kecamatan Darul Ihsan seperti Camat, Koramil, Kapolsek, Imum Syik Kecamatan , MAA, dan Mpu.

Untuk Pemateri yang diundang adalah
Tgk Abdul Manaf Pelaksana Tugas
dari Majelis Adat Aceh ( MAA) , Kabupaten Aceh Timur, dan 60 orang sebagai peserta terdiri dari Perangkat Desa, Tuha Peut, Tgk. Imum Gampong, Ibu_ibu Pkk Desa, Kelompok Tani, Unsur Pemuda, dan Kader Posyandu serta para Tokoh Masyarakat lainnya, dalam Gampong dimaksud.

Tgk Abdul Manaf,.saat dikonfirmasi Awak Media menyampaikan dari pandangan kita adalah hal yang positif paling utama, menjaga ketertiban Masyarakat harus ada aturan _aturan yang mengikat bagi Masyarakat itu sendiri agar tertib dan aman, dan pihak Kepolisian, maupun pihak Kecamatan MAA,sebagaimana memberikan masukan untuk sebuah Gampong, dan Saya berharap untuk wilayah ini agar menjadi percontohan serta dapat disebarluaskan ke Desa_desa sekitarnya, harapan kita terhadap Perbub dan aturan serta itu hukumnya Masyarakat agar bisa Aman, seperti
menyangkut hewan ternak,pergaulan muda _ mudi diGampong kita masing_masing, dan untuk tekhnis hasil bimtek hari ini akan dapat ditindaklanjuti oleh Gampong Keude Dua ini.

Kesempatan dikonfirmasi selanjutnya datangnya dari Keuchik Gampong Keude Dua, Syaifullah menuturkan bahwa, dibuat acara sedemikian rupa, semua itu untuk kemuslihatan hidup orang banyak, yang ke 2 menyangkut keamanan, ketertiban,supaya.Masyarakat mengikuti aturan yang kita buat, selanjutnya apabila ada hal diGampong atau persoalan _persoalan yang menuangkut orang banyak mudah diselesaikan,.sehingga tidak.terjadi.percecokan , perselisihan jadi.dengan.adanya Qanun Gampong mudah.menyelesaikan masalah.

Saya menambahkan lagi, tuturnya kalau ini adalah sebuah acara yang sangat bermanfaat selanjutnya bermanfaat terhadap masyarakat, dan kalau ada masyarakat yang bermasalah bagi perangkat Desa mudah mudah menyelesaikan dengan adanya Qanun.Gampong atau reusam Gampong pintanya.

Hendrik/Red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed