oleh

Ketua DPD Ampehra Aceh Timur, Berharap Pemda Aceh Timur Bangun Segera Innovasi Air Untuk Areal Pertanian Sawah Tadah Hujan

Purnamanews.com – MMGN I Aceh Timur. Lembaga Peduli Lingkungan Hidup yang tergabung dalam Asosiasi Masyarakat Peduli Hutan Rakyat Aceh (Ampehra), Perwakilan Aceh Timur, T. Saiful turut prihatin melihat kondisi Sawah – sawah milik Petani yang saat ini.

Telah mengering bukan hanya beberapa hektar akan tetapi puluhan mungkin ratusan hektar, seperti terlihat pada foto, di Darul Ihsan dan Idi Rayeuk, dimana kondisi tanaman padi seperti layu, dan tidak segar, liputan awak media, 18/1/2020.

“T. Saiful menyampaikan pada awak media, bahwa terkait kekeringan sawah disetiap titik lokasi yang masih mengandalkan Tadah hujan, kiranya ini bukan jamannya lagi yang harus dirasakan oleh Masyarakat Petani untuk bercocok tanam, akan tetapi Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Provinsi, termasuk pusat kiranya harus sesegera mungkin mengambil langkah – langkah dalam hal skala prioritas pembangunan untuk menanggulanginya dengan cara – cara innovasi dibidang air untuk pertanian yang harus dibangun, kita tau bahwa Ketahanan pangan yang utama adalah beras, dengan itu masyarakat dapat hidup makmur khususnya disektor pertanian yang ada di Aceh,”sebutnya.

Menyinggung tentang kerusakan Das dan kurang optimalnya Irigasi di beberapa tempat maupun kawasan di Aceh Timur, T.Saiful menyampaikan bahwa ” kalau Pemerintah serius membangun” mudah- mudahan itu semua segera terlaksana, ya kalau tidak kita kembaii kepada asal mula, dalam arti kata, tidak ada kemajuan dibidang pertanian sebutnya, malah kalau terabaikan, akan terjadi kemiskinan-kemiskinan tidak henti-hentinya, yang akan dialami Petani sawah ” mohon dicatat itu,” tandasnya.

T. Saiful menambahkan terkait luas hamparan Aceh Timur, dan banyaknya sektor pendukung seperti Sumber Alam, dan sumber daya manusia, kiranya ini haru diutamakan dengan dasar yaitu bentuk kepdulian yang tinggi dan harus terjalin kerjasama demi kemakmuran yang merata demi mencapai kemajuan pembangunan daerah melalui Kemakmuran Masyarakat tentunya.

Hendrik/Red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed