oleh

Kesbangpol Aceh Timur Sosialisasikan 4 (Empat) Pilar Kebangsaan Tahun 2019

PURNAMANEWS.COM,ACEH TIMUR – Kantor Kesbangpol Kabupaten Aceh Timur mengadakan acara Sosialisasi Wawasan Kebangsaan untuk tokoh masyarakat dalam Kabupaten setempat pada Tahun 2019. Kegiatan ini berlangsung di Aula Gedung Serbaguna Pendopo Idi, Selasa,(6/08/19).

Kepala Kesbangpol Adlinsyah, S. Sos, M. AP dalam laporannya menyampaikan, bahwa sosialisasi empat pilar kebangsaan untuk tokoh masyarakat dilingkungan Pemkab Aceh Timur dilaksanakan selama satu hari berdasarkan surat keputusan Bupati Nomor 200/555/2019,” katanya.

Adapun pemberian materi yakni Dandim 0104 Aceh Timur, Kapolres Aceh Timur, dan Dr. Fuadi, SH. M.H dekan fakultas hukum universitas samudra Langsa. “Peserta sosialisasi sebanyak 100 orang yang meliputi tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, LSM dan Mahasiswa,” terang Adlinsyah.

Katanya, adapun tujuan dilaksanakannya sosialisasi empat pilar wawasan kebangsaan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta pemahaman, menyamakan persepsi dikalangan tokoh masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila dan norma hukum yang tertuang dalam UUD 1945,” demikian pungkas Adlinsyah.

Sementara itu, M. Amin, SH, MH Plt Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur dalam sambutan dan arahannya mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa perkembangan diera globalisasi saat ini sangat berpengaruh pada kondisi suatu negara. “Kuatnya arus globalisasi apalagi dibarengi dengan masuknya budaya asing menjadi salah satu ancaman dan menimbulkan kekhawatiran terhadap tata nilai, norma-norma serta budaya yang dimiliki oleh bangsa kita ini (Indonesia) yang berpegang pada sila-sila dari Pancasila,”katanya.

Sehingga kondisi yang demikian dapat diperparah dengan kurang nya kemampuan dan komitmen masyarakat dalam memahami tata nilai yang telah dimiliki sehingga mudah memperlemah kesadaran hidup kita berbangsa dan bernegara,” sebut M. Amin.
“Seiring dengan perjalanan waktu dan masa, pelaksanaan sosialisasi empat pilar kebangsaan atau sering disebut sebagai konsensus dasar kebangsaan,” tegas M. Amin.

 

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan ini dinilai sangat strategis dalam upaya menyatukan persepsi dan pandangan sehingga dapat meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Dengan diadakanya sosialisasi ini diharapkan kedepan peserta bisa menjadi motivator memberikan pemahaman yang benar tentang empat pilar kebangsaan dilingkungan tempat tinggal masing-masing,” demikian pungkas M. Amin.

(Hs)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed