oleh

Kementerian Hukum Dan HAM Memberikan Penyuluhan Tentang Kadarkum di Kelurahan Mangga Dua Selatan

PurnamaNews.com – Jakarta. Penyuluhan hukum dalam rangka pelaksanaan pembinaan kelompok kadarkum tahun 2018 di Kelurahan Mangga Dua Selatan.

Kadarkum adalah keluarga sadar hukum yaitu wadah yang berfungsi menghimpun warga masyarakat yang dengan kemauannya sendiri berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya, setiap anggota masyarakat dapat menjadi anggota kadarkum setiap kadarkum mempunyai anggota sekurang-kurangnya 25 orang.

Dikatakan oleh nara sumber Kementerian Hukum dan HAM Elli Sabarijani S.P.D..M.H kelompok kadarkum yang ada di Kelurahan merupakan kepanjangan tangan dari Kementerian Hukum dan HAM RI dalam membantu menyebarluaskan informasi hukum kepada masyarakat yang belum mendapatkan penyuluhan hukum.

Kelompok kadarkum dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai program bantuan hukum gratis yang khusus diperuntukkan oleh orang atau kelompok orang miskin sebagai salah satu syarat terpenuhinya akses keadilan di suatu Desa atau Kelurahan.

Kementerian Hukum dan HAM memberikan penyuluhan kepada masyarakat Kelurahan Mangga Dua Selatan tentang bantuan hukum merupakan jabatan fungsional yang ada di kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

Yang memiliki tugas pokok dan fungsi utama untuk memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat, masyarakat dapat mengajukan permohonan kepada Kantor Wilayah agar mendapatkan binaan dari tenaga penyuluhan hukum secara gratis tidak dipungut biaya.

Bantuan hukum yang dimaksud di sini adalah bantuan hukum gratis yang diberikan untuk orang miskin atau kelompok orang miskin sebagai implementasi dari undang-undang nomor 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum penyelenggaraan bantuan hukum tersebut adalah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Dalam hal ini untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta didelegasikan kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta hadir dalam acara penyuluhan Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi A Fajar Sidik, Lurah Mangga Dua Selatan Setyanto dan warga masyarakat Kelurahan Mangga Dua Selatan.

Redaksi

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed