oleh

KEARIFAN LOKAL KESENIAN REOG DAN JARANAN PERLU DILESTARIKAN

purnama news.com – Lumajang. Kearifan lokal kesenian Reog di Lumajang perlu di lestarikan agar tidak memudar di zaman modern ini,( 14/8/2019 ).

Kearifan lokal kesenian di setiap desa cukup banyak dan harus di lestarikan agar tetap eksis seperti ludruk,tari glipang,ujung,jaranan ,reog agar jangan memudar bila bisa tetap diperjuangkan lebih banyak lagi yang peduli terhadap kesenian khas Lumajang.

Pemerhati Lembaga swadaya masyarakat jaringan warga peduli sosial (Jawapes), Mokhamad Eko Santoso berharap peran serta semua pihak agar peduli terhadap semua kesenian khususnya di Kabupaten Lumajang ini ,jangan malah membuang kesenian .

Untuk itu mengharapkan peran lebih dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang agar mendata kesenian baik itu pemula maupun yang sudah lama,karena dengan mempuyai data yang falid, bisa mengetahui sejauh mana pelaku kesenian berkiprah.

Jawapes cabang Lumajang berkerja sama dengan media Purnama news.com ingin membantu dinas terkait khususnya di kesenian Reog dan Jaranan perlu memperoleh perhatian lebih dan nantinya semua kesenian dapat dibantu dalam memberikan bantuan alat serta dana.

Supri selaku pimpinan Reog “MUSTIKO DJOYO” berharap Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang untuk bisa membantu ataupun memberikan informasi bagaimana peran palaku kesenian yang baru atau pemula dapat memperoleh perhatian,dan kalau bisa nantinya di berikan bantuan baik itu dana ataupun pelatihan pelatihan yang menunjang Kearifan lokal.

“Kulo ingin mayarakat tidak lupa sama kesenian leluhur,agar kesenian reog dan Jaranan jangan sampai pudar,”tuturnya.

Walaupun masih pemula untuk membuat kesenian Reog bisa tetap eksis beliau tidak jaran mengeluarkan dana lebih untuk membuat Reog dan Jaranan sampai pinjam dana kesana kemari,” pokok reog ada seneng wis,uang dapat dicari tapi jiwa kesenian harus tetap ada jangan sampai kesenian kita diambil bangsa lain,”.

Sekali lagi beliau berharap bantuan LSM JAWAPES dan Media Purnamapos News bisa menyampaikan ke semua pihak agar bisa membantu kesenia reog dan jaranannya.

 

(Eko/Red)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed