oleh

Kantor Dinsos Pandeglang di Unras Puluhan Pemuda

Purnamanews.com Pandeglang —Radar Metro Komite Nasional Pemuda Independen (KNPI),Kabupaten Pandeglan Banten  menggelar aksi demo di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang,rabu 5 Agustus 2020

Dalam Aksinya mereka mengajukan beberapa terkait pembenahan di program BPNT.

Ketua Aksi Sahroni mengatakan. Dalam aksi yang digelar Komite pemuda  Nasional Indonesia kali ini.

“Seperti yang kita ketahui bersama dewasa ini banyak kemudian masalah masalah yang kita rasakan, baik itu masalah ekonomi, sosial, politik, ataupun budaya di Kabupaten Pandeglang ini. Tentu kemudian masalah itu semakin hari semakin menjadi jadi dan tidak di imbangi dengan proses penyelesaiannya yang komprehensif,”ujarnya

Lebih lanjut di katakan Roni bahwa
“Program Sembako adalah program bantuan sosial pangan yang mulai dilaksanakan pada tahun 2020 dan merupakan pengembangan dari program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), Program ini diberikan kepada penerima manfaat untuk mengakses bahan pangan melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebagai instrumen pembayaran yang memiliki fitur tabungan dan/atau uang elektronik yang dapat digunakan sebagai media penyaluran bantuan sosial salah satu program bantuan sosial (bansos) di kabupaten pandeglang dari Kementerian Sosial (Kemensos), yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang diubah menjadi Program Sembako.

Sejalan dengan pengubahan julukan tersebut, ada pula beberapa kebijakan yang turut diubah dan Kemudian, Kemensos juga menambah jenis bahan pangan yang boleh dibeli oleh para KPM. Apabila di tahun sebelumnya komoditas bahan pangan yang dibeli hanya berupa beras dan telur, maka di tahun ini ada penambahan sumber protein komoditas bahan pangan yang ditambah oleh Kemensos adalah sumber karbohidrat berupa beras atau bahan pangan lokal lain seperti jagung dan sagu.

Sumber protein hewani berupa telur, ayam, dan ikan segar. Sumber protein nabati berupa kacang-kacangan, termasuk tempe dan tahu. Ada pula sumber vitamin dan mineral berupa sayur mayur, dan buah-buahan.

bantuan ini diharapkan dapat memberikan gizi yang lebih seimbang kepada masyarakat atau para KPM. serta, meningkatkan ketepatan sasaran, waktu, jumlah, harga, kualitas, dan administrasi. dan dapat memberikan pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan. “Jadi KPM boleh memilih mereka mau beli apa dari list positif yang sudah ada, boleh beli semuanya boleh tidak, tergantung dari apa yang mereka butuhkan, Tak hanya itu, bantuan ini juga memiliki beberapa manfaat secara umum maupun luas.

Pertama, dapat memberikan pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan. Kedua, meningkatkan efisiensi penyaluran bantuan sosial. Ketiga, meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan dan perbankan.

Namun faktanya program bantuan sosial pangan disebut Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau program sembako di kabupaten pandeglang banyak persoalan dalam penyaluran kepada KPM baik dari kualitas,kuantitas bahkan agen E-waroeng  dan suplayer ini masih jadi persoalan dari sejak adanya program Bantuan Pangan Non tunai ( BPNT ), hingga dirubah menjadi  program sembako tahun 2020 yang tidak sesuai dengan 6T atau melanggar pedoman umum (PEDOM) yang telah ditetapkan.

Beberapa persoalan program sosial bantuan pangan non tunai (BPNT) atau program sembako yang terjadi dikabupaten pandeglang diantaranya :

kualitas yang tidak sesuai dengan pedom yang tentu tidak layak dikonsumsi oleh KPM

Agent E-waroeng yang tidak bebas memilih suplayer sehingga tidak sesuai pedom BPNT atau program sembako dan tidak  sesuai peraturan menteri sosial nomor 11 tahun 2019

KPM tidak bebas memilih agent karena sudah ditentukan oleh tim kordinasi bansos pangan kabupaten pandeglang dengan bank penyaluran

Bantuan pangan yang dipaketkan melanggar pedom.

Diduga beberapa oknum TKSK telah menyalahi aturan prinsip penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai yang tidak sesuai pedom tahun 2020 pan PERPRES nomor 48 tahun 2016 dan nomor 12 tahun 2017

Lemahnya pengawasan pelaksanaan penyaluran program BPNT atau sembako oleh TKSK dan DINAS SOSIAL (DINSOS) kabupaten pandeglang.

Diduga ada oknum DPRD kab pandeglang dan atau ASN yang menjadi suplayer

Dinsos diduga bermain mata dengan suplayer dan TKSK.

Maka hal ini menjadi persoalan serius dikabupaten pandeglang yang harus segera diatasi, dengan ini kami Agent sosial control kabupaten pandeglang. PEMUDA PUI, HMI KOM FHS, HMI KOM STAIBANA, HMI KOM EKONOMI, LMND, GMNI, GPMI, KORPMA-GPII, HMPS, GEMPA, MAPANCAS, JPMI, AGMI, Kabupaten Pandeglang yang tergabung dalam Komunitas Nasional Pemuda Independent (KNPI) Kab Pandeglang dengan ini kami menuntut ;

Kami menuntut Usut tuntas  oknum agent E-waroeng yang telah menggelapkan KKS Program BPNT yang telah merugikan negara dan masyarakat penerima manfaat (KPM).

Kami menuntut Evaluasi dan rombak ulang agent E-waroeng dan suplayer yang Fiktif.

Kami menuntut Berhentikan oknum pendamping TKSK yang lalai menjalankan tugas dan fungsinya.

Kami menuntut TKSK dan DINSOS jangan mau jadi kacung suplayer ataupun bermain mata dengan suplayer.

Kami menuntut oknum anggota DPRD kabupaten pandeglang yang diduga menjadi suplayer agar diberhentikan dan di berikan sangsi tegas.

Kami menutut E- Waroeng harus Mandiri.

Kami menuntut kepada tim kordinasi (KORKAB ) dan Kadinsos jangan ikut main atas kegaduhan suvlayer.

Kami menuntut perbaharui TKSK di setiap Kecamatan dan Di evaluasi karna Diduga kongkalikong dengan suvlayer BPNT atau Program Sembako.

Kami menuntut Dinas ketahanan pangan harus di evaluasi berkenan dengan ketersedian pangan lokal.

Apabila tuntutan 1-9 tidak di penuhi maka kepala Dinas Sosial ( DINSOS ) kabupaten Pandeglang harus mundur dari jabatanya.

Demikian tuntutan ini kami sampaikan semoga dapat di indahkan dan Dinas Sosial ( DINSOS ) Kabupaten Pandeglang harus memberikan pelayan yang baik dan bisa membantu kesejahtraan sosial khusus nya masyarakat di kabupaten pandeglang sesuai dengan tugas dan fungsinya,terangnya.

Sahroni sebagai Kordinator lapangan jika tuntutan di aksi ini tidak di penuhi,Ia mengatakan akan kembali melakukan aksi,dan aksi ini akan lebih besar.

Dadang/red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed