oleh

JURUSAN AKUNTANSI PNK, GELAR PELATIHAN PEMENUHAN PENDIDIKAN ANAK

PURNAMANEWS.COM, KUPANG– Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Kupang (PNK), gelar pelatihan pendampingan orang tua terhadap pemenuhan pendidikan anak.

Kegiatan itu di kemas dalam  program pengabdian masyarakat  di desa Kotabes, kecamatan Amarasi Kab. Kupang. Sabtu (17/11/18) siang.

Ketua tim pelatihan pendampingan orang tua terhadap pemenuhan pendidikan anak dari jurusan Akuntansi PNK,  Rosdiana Mata, S.S., M.Pd., kepada media PURNAMANEWS.COM via whats app menjelaskan, bahwa pelatihan pendampingan orang tua terhadap pemenuhan pendidikan anak  berlangsung di balai pertemuan Mafutnek dan dihadiri puluhan peserta, yang lebih di dominasi Ibu-ibu dan anak, dari latar belakang pekerjaan yang berbeda.

“Peserta yang hadir di dominasi ibu-ibu dan anak. Mereka dari berbagai latar belakang pekerjaan yang berbeda, mereka sangat antusias dalam menerima materi yang di sampaikan.” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, lanjut Rosdiana Mata, dua orang narasumber tamu yaitu Sance Mariana Tameon, M.Pd K. Dan Friandry Windisany Thoomaszen, M.Psi., masyarakat yang hadir pun  terlihat  antusias mendengarkan materi yang di berikan para pemateri.

Adapun issue yang diangkat pada kegiatan itu, kata Rosdiana adalah tentang karakter, kecerdasan anak, pola asuh orang tua dan pendidikan seks.

Bagian pendidikan seks merupakan pengalaman pertama bagi peserta, di mana mereka di ajarkan bagaimana dapat menjelaskan berbagai topik tentang pendidikan seks, dengan menggunakan alat bantu game board.

“Tujuan kegiatan ini, agar orang tua memahami peran mereka dan bisa berbagi peran antara ayah dan ibu dalam mendidik anak. Pada hakikatnya, pendidikan  itu di mulai dari rumah. Orang tua, dengan porsi waktu yang lebih banyak dengan anak-anak dapat membangun karakter yang baik. Karena, pendidikan bukanlah semata-mata tugas pendidik di sekolah. Tetapi,  Orang tua sebagai contoh utama di rumah dapat menjadi sumber ilmu yang terbaik bagi anak-anaknya,” urainya.

Rosdiana menambahkan, bahwa pihaknya  sangat berharap dengan adanya kegiatan pelatihan itu dapat melahirkan generasi-generasi baru yang bertumbuh di Kota besar dapat menjadi individu yang tidak saja cerdas secara kognisi, tetapi juga memiliki kecerdasan mental dan emosi yaitu karakter.

“Saya berharap, dapat bertumbuh menjadi pribadi yang utuh baik dalam jiwa, roh dan fisik. Hal ini, dapat dicapai ketika orang tua dapat mengambil peran mereka dalam mendidik anak. ” ucapnya.

Psikolog Friandry Windisany Thoomaszen, M.Psi., dalam materinya memberikan tips yang mudah bagi orang tua dalam pengembangan karakter anak di rumah, dengan cara membiasakan untuk mengatakan tiga kata ajaib yaitu “tolong, maaf, dan terimakasih”.

“Seiring perkembangan zaman yang ada, pendidikan seks juga harus dapat di berikan oleh orang tua sejak dini dari rumah, karena orang tua haruslah menjadi orang pertama yang memberikan landasan kebenaran tentang seks. Tentunya, porsinya di sesuaikan dengan umur anak,” ujar Sance Mariana Tameon, M.Pd K.

Untuk di ketahui, pengabdian masyarakat yang di gelar jurusan Akuntansi PNK ini di bagi dalam tiga kelompok. Setiap tim membawa materi yang berbeda-beda, sesuai dengan tujuan yang ingin di capai pada masyarakat.

Kehadiran tim pengabdian masyarakat dari jurusan Akuntansi, disambut langsung Kepala Desa Selvister Bano.

Kegiatan tim satu, yang diketuai Robin Tibuludji, SE., MM., memberikan pelatihan penyusunan laporan keuangan dan analisis kelayakan usaha dalam rangka pengajuan pinjaman kredit pada Bank.

Sementara, tim dua memberikan pelatihan pembentukan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), yang diketuai oleh Meyulinda A. Elim, SE., M.Si, Ak., CA. (Kekson).

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed