oleh

Jurnalis Bermental Pengusaha

[caption id="attachment_1010" align="alignnone" width="1280"] Anto Suroto, Nasution, Bambang, Sitompul, Untar Ririen, dan Suta.[/caption]

PURNAMANEWS – Ada fase komunikasi membangun usaha Media Kreatif berlangsung di Kantor Media Busur News, Jakarta, Kamis (28/6) siang. Tampak hadir Anto Suroto, Nasution, Bambang, Sitompul, Untar Ririen, dan Suta.

Menurut Anto saat ini media lebih sering membuka kasus korupsi tanpa menulis tentang mengapa korupsi dilakukan. “Sisi ini yang kurang diulas oleh insan pers. Padahal itu sisi humaniora yang perlu diungkap, bukan hanya proses hukum pelaku di persidangan dan lainnya.” Jelas Anto.

Lebih lanjut Anto mengatakan, konsep yang terbaik saat ini adalah datang sebagai pengusaha ke nara sumber, dan berkomunikasi seakan memberi keuntungan atau manfaat pada orang yang didatangi.

“Konsep ini yang akan kita terapkan. Wartawan harus punya jiwa wirausaha, agar punya proud , kebanggaan saat ketemu Nara sumber. Anggap saja jurnalistik sebagai hobi belaka, bukan sebagai “profesi” yang memburu berita semata. Sehingga, jadilah wartawan yang kreatif. Tidak monoton dengan pakem pemberitaan seperti yang ada selama ini.” Jelas Anto dalam rapat.

Ia mengakui dunia media massa adalah masa silam saat ia menerbitkan Barometer. Karena itulah ia tahu bahwa membangun bisnis media membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu, baiknya kita fokus membangun media on-line saja.

“Percayalah, media online saat ini akan sudah sangat dibutuhkan dan familiar di masyarakat. Berita cepat diterima, dan mudah didapat ketimbang media cetak bagi masyarakat yang ada di desa-desa yang jauh dari kiriman media cetak, surat kabar, tabloid atau majalah,” jelas Anto.

(hst/red)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed