21 views
oleh

Jangan Lupa Siapkan JKN-KIS Sebelum Sakit

Aceh Jaya ( Purnananews ) -Jamkesnews – Mukhlis (56) adala h seorang Sekretaris Desa Cot Trap yang tinggal di Dusun Bakti, Kabupaten Aceh Jaya.saat di jumpai kantor BPJS pada Jumat (08/11/19),

 

Mukhlis, Sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah Pegawai Negeri Sipil (PPU-PNS), setiap hari pria ini disibukkan dengan banyak hal tentang pekerjaannya sebagai abdi masyarakat, Saat dijumpai di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya pada, Mukhlis tengah membantu warganya dalam mengurus pembuatan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI). Kegiatan tersebut sering ia lakukan untuk membantu warganya yang kurang mampu dan kurang mengerti proses pengurusan Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Mukhlis mengatakan kalau ia sering mengingatkan warganya untuk memiliki KIS sebelum sakit.

 

“Kalau sudah sakit dan tidak memiliki KIS bisa koyak isi kantong kita. Dulu saat anak saya demam, saya menggunakan KIS untuk membawa anak saya berobat ke Puskesmas terdekat, dan Alhamdulillah saya dilayani dengan baik dan tidak sepeserpun saya membayar biaya pengobatan anak saya,“ kata Mukhlis kepada Jamkesnews.

 

Ia sangat bersyukur karena selalu diberikan kesehatan yang baik hingga saat sekarang ini sehingga iuran yang telah ia bayarkan selama ini bisa membantu orang lain yang lebih membutuhkannya.

 

“Namun tak tertutup kemungkinan bagi saya ke depannya juga akan memanfaatkan kartu JKN-KIS ini. Apalagi mengingat usia saya yang sudah senja, mungkin saya akan menggunakan manfaat dari Program JKN-KIS jika kelak saya sakit. Tapi mudah-mudahan tidak lah ya,” ungkap Mukhlis setengah tertawa. 

 

Terakhir, Mukhlis berharap agar Program JKN-KIS ini dapat terus berjalan dan terus ada karena menurutnya, program ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia dan BPJS Kesehatan bisa terus tetap meningkatkan kualitas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pesertanya.

 

“Semoga masyarakat juga semakin sadar untuk ikut menjaga keberlanjutan Program JKN-KIS ini. Jangan sampai menunggak iuran, apalagi kalau sudah merasakan manfaatnya. Kasihan yang lain, yang butuh jaminan pelayanan kesehatan. Sebagai warga negara yang baik, kita juga harus sadar diri untuk membantu sesama saudara kita,” pesannya. (Ns)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed