oleh

Jajaran Polres Brebes Berhasil Gagalkan Peredaran Uang Palsu

Purnamanews.com – BREBES.   Jajaran Polres Brebes berhasil menggagalkan peredaran ribuan lembar uang palsu. Sebanyak 4973 lembar uang pecahan Rp 100.000 berhasil di amankan dari tangan pelaku yang berada di depan sebuah minimarket.

Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto mengatakan, ” Kejadian bermula saat Patroli rutin yang dilakukan Polsek Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes, melihat sebuah mobil Sedan Toyota Vios berwarna Silver yang terparkir di depan sebuah minimarket. Curiga dengan keberadaan mobil tersebut, petugas kemudian menghampiri dan memeriksa identitas dan bawaannya.

Saat diperiksa di dalam bagasi mobil, petugas menemukan setumpuk uang yang diduga palsu berada di dalam sebuah dus. Pelaku langsung dibawa dan diamankan ke Mapolres Brebes bersama barang bukti, ujarnya saat diadakan jumpa pers di halaman Mapolres Brebes, Kamis (15/10/2020) siang.

Komplotan pelaku beranggotakan tiga orang R, K dan SR yang ke semuanya merupakan warga Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Jawa Barat.

Dari hasil pemeriksaan tim Bank Indonesia Cabang Tegal mengungkapkan,” terdapat beberapa bukti yang menandakan uang tersebut palsu terlihat dari ciri ciri uang asli yang tidak didapati seperti tanda air yang tidak berpendar, kalau diraba tidak kasar, mikro teks dalam uang yang tidak ditemukan, sehingga kami menyatakan uang ini tidak asli”, ungkap Taufik Amrozy.

Atas perbuatannya, pelaku diancam dengan Pasal 36 ayat 2 dan 3 Undang undang Nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang. Mereka terancam hukuman kurungan maksimal 15 tahun penjara. Pihak Pollres Brebes masih mengembangkan kasus ini, ungkap Gatot.

( Fe / red  )

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed