oleh

Ingin Membuat Olahan Sayuran Jadi Lebih Lezat? Coba Dipanggang

SELAIN dibuat sup, atau dijadikan bahan utama salad, sayuran ternyata juga enak loh dipanggang. Selain membuat teksturnya menjadi lebih empuk dengan sedikit sensasi rasa renyah, teknik ini akan membuat permukaan sayuran menyuguhkan sensasi “caramelizes” sedikit manis dan lebih menarik.

Tidak hanya itu, memanggang sayuran juga bisa jadi salah satu alternatif terbaik untuk disajikan saat berbuka puasa atau di jalan menu sahur. Tertarik untuk membuatnya? Yuk simak 5 tips memanggang sayuran agar hasilnya sempurna, seperti dilansir dari Popsugar.

Panaskan oven

Selain tomat dan sayuran bertekstur lainnya, sebelum mulai proses pemanggangan panaskanlah oven terlebih dahulu pada suhu 93 derajat celcius. Cara ini akan membuat sayuran panggang Anda matang sempurna dengan warna kecokelatan dan tekstur renyah namun tetap menyuguhkan sensasi karamelisasi.

Siapkan sayuran

Teknik biasanya mengharuskan Anda mengupas kulit dan memotong kasar sayuran dengan ukuran 1 inchi berbentuk dadu atau memanjang. Tetapi untuk beberapa jenis sayuran, Anda harus melakukan tindakan ekstra seperti menghilangkan biji pada labu, atau memotong brussel sprout dengan teknik khusus untuk mendapatkan permukaan yang rata.

Sementara sayuran berakar seperti wortel, bisa Anda biarkan utuh atau potong saja bagian atasnya.

Beri bumbu

Cara termudah untuk membumbui sayuran adalah dengan meneteskannya di atas loyang atau wadah anti panas, sebelum memasukkannya ke dalam oven. Pilihlah bumbu yang tepat untuk mendapatkan cita rasa sempurna. Misalnya dengan menambahkan minyak zaitun, garam kohser, lada, atau taburi dengan sedikit garam. Pastikan pula bumbu ditaburkan secara merata.

Beri taburan rempah atau tanaman herbal

Beberapa tangkai tanaman herbal seperti rosemary yang telah dicincang lalu dicampurkan dengan garam dan merica, ternyata juga dapat membuat rasa sayuran menjadi lebih lezat. Anda juga bisa menambahkan sirup maple atau madu jika ingin menimbulkan sensasi rasa manis.

Panggang

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mulai memanggang sayuran. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, sayuran harus memiliki ukuran, jumlah, dan suhu panas yang tepat. Waktu pemanggangan yang ideal biasanya sekira 20-25 menit tergantung jenis sayurannya.

Oleh karena itu, jangan ragu menguji tingkat kematangannya dengan menggunakan garpu, atau melihat dari tampilan warnanya. Jika sudah berubah kecokelatan, itu tanda bahwa sayuran sudah matang dan siap disajikan.

Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2018/05/28/298/1903938/ingin-membuat-olahan-sayuran-jadi-lebih-lezat-coba-dipanggang?page=2

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed