oleh

Hari Rabies Sedunia.UPT PusKeswan Dinas Pertanian Berikan Layanan Vaksinasi

Purnamanews.com Pandeglang —Dalam rangka memperingati Hari Rabies sedunia yang jatuh tepat Hari ini Senin 28 September 2020, UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang memberikan pelayanan vaksinasi rabies gratis bagi hewan kesayangan diantaranya anjing dan kucing, dan kera.

Hari Rabies sedunia tahun ini mengambil tema ‘Vaksinasi untuk menyelamatkan hewan peliharaanmu’ didukung oleh Dinas Pertanian Provinsi Banten dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Provinsi Banten.
Kepala UPT Puskeswan Pandeglang Ade Setiawan mengatakan kegiatan vaksinasi rabies gratis merupakan bagian dari kampanye guna meningkatkan kesadaran, meningkatkan pengendalian dan meningkatkan pencegahan penyakit rabies di Kabupaten Pandeglang.

“Rabies dapat dicegah dan diberantas dengan cara yaitu vaksinasi rabies rutin pada hewan peliharaan anjing, kucing, kera setiap tahunnya,” ujar Ade Setiawan.

Ade mengungkapkan, selain vaksinasi rabies yang diberikan setahun sakali pada hewan kesayangan, vaksin lain yang harus diberikan antara lain vaksinasi penyakit rhinotracheitis, calicivirus, panleukovenia, chlamydia, leukimia dan infections peritonitis.
“Kesadaran pemilik anjing untuk vaksinasi hewan kesayangannya sangat penting. Terutama penyakit rabies yang belum ada obatnya. Hal tersebut juga dilakukan dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Ade Setiawan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berkunjung ke Puskeswan dan mempercayai pelayanan kesehatan hewan selama ini di Puskeswan Pandeglang.

“Kami juga mengucapkan terima kasih Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Dinas Pertanian Provinsi dan PDHI Banten wilayah 1 atas dukungan yang diberikan sehingga pelaksanaan Hari Rabies di Kabupaten Pandeglang berjalan lancar,” imbuhnya.
Dokter hewan Puskeswan Pandeglang Hj. Ade Nurhasanah mengatakan, pada Hari Rabies tahun ini sebanyak 116 hewan peliharaan diberikan vaksinasi gratis di Puskeswan Pandeglang dengan perincian yakni kucing 113 ekor, serta Anjing, lutung dan kera masing-masing satu ekor.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar, dan pelayanan kami menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau handsanitizer, dan tetap menjaga jarak selama pelayanan berlangsung,” katanya.

Ditambahkan, dalam pelayanan vaksinasi rabies gratis hari ini diberlakukan beberapa syarat diantaranya hewan harus berumur diatas 5 bulan, Pemilik hewan ber-KTP Pandeglang, Hewan sehat dan tidak bunting/hamil, Pendaftaran melalui #CallCenter 0877-7335-7422, Vaksinasi Rabies dilakukan sesuai anjuran dokter hewan, Pemilik hewan bersedia mematuhi protocol kesehatan , termasuk bersedia datang tepat waktu sesuai jam yang telah ditentukan.

Sementara itu drh. Putu Wijaya Kusuma mengatakan, hingga saat ini masih ada sejumlah masyarakat yang belum mengetahui keberadaan Puskeswan Pandeglang. Dan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan hewan mereka mencari pelayanan di luar Kabupaten Pandeglang.

“Melalui kegiatan ini sekaligus menjadi ajang kampanye kesehatan hewan, sehingga diharapkan masyarakat mendapat informasi yang cukup tentang pelayanan Puskeswan Pandeglang,” ungkapnya.

Menurutnya, pelayanan kesehatan hewan di Puskeswan Pandeglang saat ini sudah mulai lengkap, selain vaksinasi, ada pula pelayanan pengobatan, pemeriksaan kebuntingan, termasuk konsultasi kesehatan hewan secara online .pungkasnya.

dadang/red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed