oleh

339 PPKBD Dibekali Pengetahuan Dan Wawasan Oleh Bupati

PurnamaNews.com – Pandeglang. Dalam mencerdaskan generasi bangsa, jika hanya Pemerintah saja tidak cukup, oleh sebab itu para anggota Pos Pembantu KB Desa (PPKBD) kurang lebih 339 orang dibekali wawasan dan pengetahuan.

“Kami saja tidak cukup, tentu butuh peran serta PPKBD atau para Kader untuk melaksanakan amanat undang – undang untuk mencerdaskan generasi bangsa. Karena kecerdasan dimulai dari sejak dalam kandungan, peran strategis memberikan pemahaman kepada masyarakat adalah para kader,” hal ini dikatakan Bupati Pandeglang Irna Narulita pada acara Bimbingan Teknis bagi para PPKBD di Wisma Baitul Hamdi Menes, Selasa (9/10).

Bupati meyakini, untuk membentuk generasi cerdas dimulai dari pembangunan keluarga sejahtera, dan untuk menciptakan keluarga sejahtera tentu dibutuhkan pembinaan oleh para kader Desa yang telah dibekali wawasan pengetahuan, melalui program Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), dan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) bagi Remaja.

“Manusia terbatas usia, oleh sebab itu kami tidak ingin meninggalkan generasi yang lemah. Dengan pembinaan ketahanan keluarga, mengatur usia pernikahan, kehamilan, dan kelahiran insya Allah akan menciptakan keluarga sejahtera dan generasi cerdas berkualitas,” tandasnya.

Sementara Kasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dan Pimpinan Institusi Masyarakat (PIM) pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Pengendalian Penduduk dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Hidayatullah mengatakan, acara dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan memberikan wawasan dan pengetahuan bagi para PPKBD. Kata dia, PPKBD merupakan kepanjangan tangan dari Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

“ Agar para PPKBD memiliki integritas untuk mendorong program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kami juga menghadirkan motivator pada acara ini, supaya semangat PPKBD lebih meningkat dalam mewujudkan capaian program KB, Bina Keluarga, dan kependudukannya karena misinya menuju keluarga sejahtera dan berkualitas,” jelasnya panjang lebar

Dengan adanya Bimtek, kata Hidayatullah, para PPKBD dapat menjalin Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dengan masyarakat, “ Peran PPKBD Sangat besar manfaatnya, biasanya saat mengajak KB suka banyak pertanyaan dari masyarakat, jika kader yang mengajak dapat langsung menjelaskan karena sudah dibekali wawasan dan pengetahuan,” pungkasnya.

Dadang Suryadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed