oleh

DPRK Aceh Timur, Kadis Sosial, Eksis Kunjungi Penyandang Disabilitas Serta Lansia

Purnamanews.com – Aceh Timur. Bukit itam, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ( PMKS),adalah seseorang, keluarga atau kelompok masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan atau gangguan, tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya(jasmani, rohani, dan sosial) secara memadai dan wajar. Hambatan, kesulitan dan gangguan tersebut dapat berupa kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, ketunaan sosial, keterbelakangan, keterasingan dan perubahan lingkungan (secara mendadak).

Senin, 18/11/2019, DPRK Aceh Timur Zulfadli sapaan Oyong Bersama Kepala Dinas Sosial Aceh Timur Elfiandi,S.PI, bergerak secara rombongan Melakukan Kunjungannya ke 4 Gampong di Kecamatan Darul Ihsan, dalam rangka Penyandang masalah kesejahteraan sosial ( PMKS).

“Zulfadli pada kesempatanya menyampaikan,”saya sebagai Anggota Dprk Aceh Timur, mengharapkan pihak Tksk tolong koordinasikan dengan pendamping Desa, kalau bisa sisihkan sedikit alokasi dana Desa (ADG), untuk diupload sedikit beberapa persen, untuk Penyandang masalah kesejahteraan Sosial ( PMKS), itu sangat banyak jenisnya, dan perlu diperhatikan juga sehingga bisa dipadukan dengan Posyandu, sehingga masyarakat ini terbantu, oleh pihak Desa terhadap rasa kepedulian bagi Masyarakatnya, tolong itu pihak program keluarga harapan (PKH), dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, untuk konsultasi dengan pendamping Desa, untuk berbicara bersama kepala desa, sehingga ada sedikit dana untuk.masyarakat,’harapnya.

Pada acara kunjungan sosial di Kecamatan Darul Ihsan turut didampingi Personil Polsek, Personil Danramil, Kepala Puskesmas, Kasi Kesos (Kasi Kantor Camat),Tksk,Pkh, dan Perangkat Desa dimasing – masing tempat.

Kepala Dinas Sosial Aceh Timur Ir. Elfiandi, S.P1 didampingi oleh Kabid Rehabilitasi Sosial Iskandar, S.Kom mengatakan Pemda Aceh Timur melalui Dinas Sosial akan terus melakukan kunjungan-kunjungan sosial langsung kepada masyarakat di Kabupaten Aceh Timur. Sasaran yang kita kunjungi kepada seluruh Kecamatan yang berjumlah 24 Kecamatan, kunjungan ini kita lakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Kita akan terus berusaha semaksimal mungkin dalam melayani masyarakat khususnya menyangkut permasalahan kesejahteraan sosial masyarakat, baik itu disabilitas, anak dan lansia, tuna sosial, dan sebagainya,”jelas Kepala Dinas.

kunjungan Sosial yang kita laksanakan adalah kebeberapa tempat, yaitu atas nama Lut Ulfiatul Ula (7 thn) di Desa Panton Merbo, yang sudah menderita lumpuh layu sejak umur 8 bulan,
kunjungan selanjutnya ke Balita disabilitas dan mata sebelah tidak bisa melihat atas nama Miftahul Jannah ( Umur 4 tahun ) di Desa Gunong Putoh,
selanjutnya kunjungan ke balita atas nama Aliya Jazila yang menderita bocor jantung, diDesa Meunasah Aron dan kunjungan yang terakhir yaitu mengunjungi lansia dengan nama sapiah ber umur 100 tahun, diseuneubok Aceh Baro

Setiap kunjungan yang kita lakukan, kita juga sambil menyerahkan bingkisan sembako sebagai bantuan bersifat sementara untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat sehari-hari, dan lain dari pada itu juga kita akan upayakan untuk penyelesaian permasalahan tindak lanjut untuk pemberian bantuan sesuai.

Hendrik/Red

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed