oleh

DLH Dan Pemuda,Melakukan Pembersihan Sampah Di Pantai

Meulaboh, Purnamanews.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta Berbagai kalangan di Kabupaten Aceh Barat melakukan pembersihan sampah yang mencemari wilayah pantai, Desa Pasar Baru, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.Minggu(22/12/19)

 

Adapun aksi tersebut dilakukan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap ekosistem laut dan juga terhadap permasalahan sampah plastik yang mencemari sepanjang pesisir pantai itu.

 

“Ini adalah sampah yang dibuang ke laut, didorong kembali ke pantai desa kami,” kata Kepala Desa Pasar Baru Imran, kepada Purnamanews.

 

Berbagai kalangan mengikuti pembersihan sampah di lokasi setempat, sampah yang ditemukan seperti plastik, ranting kayu, botol air mineral dan banyak lainnya produksi rumah tangga yang diseret gelombang laut ke pantai.

 

“Kondisi ini dikeluhkan warga karena memang banyak. Persoalannya karena ada tanggul ini menahan semua sampah dan terkumpul kemari,” ujarnya.

 

Duta Wisata Aceh, Rizki Abdulah, bersama kalangan milenial Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) mengutip sampah dan mengumpulkannya dalam karung plastik bantuan PT Mifa Bersaudara dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengangkutnya.

 

“Sebagai pemuda kita harus peka terhadap isu sampah plastik, apalagi sampah yang terus menerus dibuang ke laut, itu akan merusak sistem laut dan membuat sampah plastik berserakan di pinggir pantai serta merusak keindahan pantai,”Ucap Risky putra pariwisata Nusantara Aceh 2019.

 

Ia berharap kedepannya pemuda pemuda Aceh bisa memperhatikan alam dan kepekaan isu sampah plastik, dimulai dari hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya atau membawa pulang Kembali sampah yang bawa pada saat berkreasi,” tambah Risky.

 

Setelah dilaksanakan pengutipan sampah, dilanjutkan pula dengan menanam beberapa tanaman pantai milik desa. Penanaman ini dilakukan Kadis DLH Aceh Barat Mulyadi, bersama kepala desa setempat.

 

“Harus diapresiasi kegiatan semua elemen yang terlibat hari ini. Selanjutnya juga ada deklarasi dan penandatanganan komitmen menjaga lingkungan,” tambah Mulyadi.

 

Sementara itu pihak perusahaan tambang humas PT Mifa Bersaudara, Nazar, menyampaikan, pihaknya juga akan terus mendukung kegiatan kegiatan demikian karena sangat positif menjaga lingkungan,”tutupnya, (Fery)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed