oleh

Dinas Sosial Aceh Barat selenggarakan Rapat Penyusunan Kegiatan Program Kesejahteraan Sosial Anak Integratif

Meulaboh (Purnamanews) Dinas Sosial Kabupaten Aceh Barat bekerjasama dengan Dinas Sosial Aceh menyelenggarakan Rapat Penyusunan Kegiatan Program Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) yang berlangsung di Aula Dinas Sosial Aceh Barat, Jum’at (18/9/2019).

 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 orang peserta diantaranya Dinas Sosial Aceh Barat, Dinas Sosial Aceh, PKPM Aceh, TKSK Aceh Barat, Koordinator PKH, pimpinan lembaga kesejahteraan sosial anak Sos Desa Taruna Meulaboh, Unaur Sakti Peksos Kemensos RI serta instansi terkait lainnya.

 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Barat, Bismi, S.Pd menyampaikan rapat tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat pertama pada tanggal 2 s.d 3 Oktober 2019 lalu di Aula Bappeda Aceh Barat yang dihadiri oleh lintas sektor Pemerintah dan Swasta.

 

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk penguatan Program Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) sehingga dapat bersinergi dengan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam meningkatkan kesejahteraan sosial anak” ungkap Bismi.

 

Bismi menjelaskan Program Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) merupakan upaya sistemik dan berkelanjutan dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Provinsi Aceh, Uniceff Aceh dan PKPM Aceh yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial anak.

 

“Dinas Sosial Aceh Barat dan bersama leading sektor lainnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan dan bantuan kesejahteraan sosial bagi anak, karena intergratif berarti menyatukan dari berbagai lembaga dan PSKS dijadikan menjadi satu pelayanan” katanya.

 

Menurutnya, dengan adanya pelayanan integratif ini, masalah sosial anak atau anak yang memerlukan pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) di Kabupaten Aceh Barat dapat diselesaikan secara bersama-sama dengan keterlibatan lintas sektor dan lintas program serta potensi sumber kesejahteraan sosial.

 

Bismi mengatakan berbagai upaya telah dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Aceh Barat menyangkut dengan penanganan masalah sosial anak, dikatakannya pada tahun 2019 Dinas Sosial Aceh Barat telah menangani 60 kasus masalah sosial anak.

 

“Harapan kami dengan ada rapat penyusunan kegiatan UP PKSAI ini kita dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam memberikan perlindungan kesejahteraan sosial anak secara integratif sehingga dapat terwujudnya penyelesaian permasalahan sosial anak integratif (UP PKSAI)” kata Bismi.

 

Dalam kesempatan tersebut Dinas Sosial Kabupaten Aceh Barat juga menyerahkan bantuan sarana dan prasarana untuk Sekretariat Unit Pelayanan Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif ( UP PKSAI) Dinas Sosial Aceh Barat berupa meja kerja 3 unit, komputer PC 1 unit, printer 1 unit, infokus 1 unit, lemari arsip 3 pintu 1 unit, kursi meja kerja 13 unit, M

Meja rapat 1 unit, kipas angin 1 unit, kertas HVS 4 Rem, filling kabinet 1 unit dan papan informasi 1 unit.(Red) 

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed